Tautan-tautan Akses

Xi Jinping Pantau Unjuk Kekuatan Militer China


Tentara Pembebasan Rakyat China atau People's Liberation Army (PLA) bersiap untuk parade militer untuk memperingati peringatan 90 tahun berdirinya angkatan tersebut di pusat latihan militer Zhurihe di Wilayah Otonomi Inner Mongolia, China, 30 Juli, 2017.

Militer China “yakin dan memiliki kapabilitas” untuk mendorong kebangkitan negaranya menjadi kekuatan dunia, demikian ujar Presiden Xi Jinping hari Minggu (30/7) ketika memantau parade militer berskala besar, yang sekaligus merupakan unjuk kekuatan pasukan pimpinannya di dalam dan luar negeri.

Siaran langsung di televisi pemerintah menunjukkan Xi, yang mengenakan pakaian seragam dan berbicara di atas sebuah mobil jeep terbuka, mengatakan pada pasukannya bahwa China membutuhkan militer yang “jauh lebih kuat dibanding sebelumnya” ketika negara itu berupaya “mencapai tujuan peremajaan bangsa China.”

Xi, yang memimpin Tentara Pembebasan Rakyat PLA sebagai Ketua Komisi Militer Pusat, telah sering bicara tentang “China Impian”-nya untuk mengembalikan kepemimpinan China di tingkat internasional, dengan pasukan militer yang modern dan sulit ditandingi.

Parade di pangkalan militer Zhurihe di kawasan Inner Mongolia itu juga merupakan isyarat bagi warga di dalam negeri tentang keberhasilan Xi meningkatkan kendalinya atas PLA, sama seperti yang dilakukannya atas Partai Komunis, menjelang kongres partai yang sangat penting pada musim gugur nanti. (em)

XS
SM
MD
LG