Tautan-tautan Akses

Carrie Lam, Pemimpin Baru Hong Kong


Pemimpin Hong Kong Carrie Lam berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping setelah dia mengucapkan sumpah jabatan pada peringatan 20 tahun penyerahan kota tersebut dari pemerintah Inggris kepada China, di Hong Kong, China, 1 Juli 2017. (REUTERS/Bobby Yip).

Carrie Lam telah mengambil sumpah jabatan menjadi pemimpin baru Hong Kong bertepatan dengan peringatan 20 tahun diserahkannya negara bekas koloni Inggris itu kembali kepada China. Lam menjadi eksekutif kepala wilayah China yang berstatus semi otonomi itu hari Sabtu (1/7) dalam upacara yang disaksikan oleh presiden China Xi Jinping.

Lam bersama kabinetnya bersumpah akan mengabdi pada China dan Hong Kong akan menjunjung tinggi Hukum Pokok yaitu konstitusi mini wilayah itu.

Lam, birokrat kawakan negara itu, dipilih melalui proses yang dicela oleh para pengecam selaku pada dasarnya tidak demokratis dan diikuti hanya oleh 1 persen dari lebih dari 3 juta pemilih.

Sedikit lebih dari tiga kilometer dari tempat upacara, sekelompok kecil aktivis yang terkait dengan golongan oposisi yang pro demokrasi bentrok dengan polisi dan kelompok pemrotes tandingan. Pemrotes khawatir Partai Komunis Beijing semakin memperkuat cengkramannya pada anggaran wilayah yang merupakan sentra keuangan itu. [ps/al]

XS
SM
MD
LG