Tautan-tautan Akses

China dan Pakistan Kecam AS karena Ajukan Rancangan Resolusi Langsung ke DK PBB


Masood Azhar, kepala kelompok militan Jaish-e-Mohammad, atau JEM di Pakistan.
Masood Azhar, kepala kelompok militan Jaish-e-Mohammad, atau JEM di Pakistan.

China dan Pakistan mengecam Amerika karena mengabaikan tata cara yang ada, dan mengajukan rancangan resolusi langsung ke Dewan Keamanan PBB guna menyatakan tokoh ekstremis Pakistan sebagai teroris global.

Amerika mengirim rancangan resolusi itu kepada ke-15 anggota dewan dengan dukungan Perancis dan Inggris, guna menyatakan Masood Azhar, kepala kelompok Jaish-e-Mohammad, atau JEM, sebagai teroris global.

Tindakan Pakistan dan China itu terjadi dua minggu setelah China menghambat resolusi serupa yang disponsori Amerika yang diajukan langsung kepada komite anti-teroris PBB.

Para pejabat China waktu itu menyatakan rancangan resolusi Amerika itu “ditahan sementara” sampai diadakan diskusi dan dialog lebih lanjut untuk mencari cara terbaik dalam menanggapinya.

Kata juru bicara kementerian LN China, Geng Shuang, Amerika haruslah “bertindak dengan hati-hati dan jangan memaksakan rancangan resolusi itu. Tindakan Amerika itu tidak kondusif bagi solidaritas para anggota PBB dan hanya memperuncing masalahnya,” tambahnya.

Kelompok JEM yang anti India itu mengaku bertanggung-jawab atas serangan bunuh diri tanggal 14 Februari di Kashmir yang menewaskan 41 pasukan hansip India. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG