Tautan-tautan Akses

Serangan Militan Tewaskan 6 Anggota Pasukan Keamanan Pakistan


Baluchistan, Pakistan
Baluchistan, Pakistan

Sejumlah militan melangsungkan serangan, Rabu dini hari (20/3), terhadap sebuah pos keamanan di barat daya Pakistan, menewaskan sedikitnya enam anggota pasukan paramiliter.

Serangan itu terjadi di Ziarat, sebuah distrik terpencil di Baluchistan, sebuah provinsi terbesar di negara itu yang kaya sumber daya alam.

Qadir Bakhsh Pirkani, pejabat keamanan di Ziarat, mengatakan, pasukan keamanan telah melancarkan operasi pencarian di kawasan yang terletak sekitar 50 kilometer dari ibukota provinsi, Quetta, itu, untuk menangkap pelaku serangan.

Organisasi terlarang Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), yang biasa dikebal sebagai Taliban Pakistani, mengaku bertanggung jawab merencanakan serangan itu.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara TTP mengatakan, serangan itu dilakukan untuk membalas pembunuhan terhadap sejumlah anggota mereka oleh personil keamanan di pos itu.

Provinsi Baluchistan, yang berpenduduk jarang, dan berbatasan dengan Afghanistan dan Iran, sering menghadapi serangan militan.

Selain TTP, ada beberapa kelompok militan lain yang aktif di provinsi itu, termasuk ISKP atau ISIS di Khorasan, provinsi di barat laut Iran. [ab]

XS
SM
MD
LG