Tautan-tautan Akses

China-AS Mungkin Capai Kesepakatan untuk Hindari Pemberlakuan Tarif


Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer berbicara dengan Wakil PM China dalam pertemuan perdagangan AS-China di Beijing (15/2).

Sementara China dan Amerika melanjutkan pembicaraan tingkat tinggi di Washington pada Kamis, ada petunjuk kedua pihak sudah mendekati sebuah kesepakatan.

Reuters melaporkan, pejabat top perdagangan dari kedua pihak sedang berusaha menyusun rincian dari enam persetujuan yang ditujukan pada penyelesaikan isu-isu paling sulit mulai dari alih teknologi yang dipaksakan, sampai ke subsidi dan pencurian di dunia maya.

Sebelumnya minggu ini, Presiden Trump mengatakan tidak ada tanggal pasti untuk mencapai kesepakatan perdagangan, sebuah komentar yang oleh beberapa pihak diinterpretasikan bahwa tenggat 1 Maret yang akan memicu kenaikan tajam dalam perang tarif ke dua negara, akan ditunda seandainya kemajuan dicapai.

Sementara itu seorang penasihat senior Partai Komunis, yang berbicara di forum yang diorganisir oleh South China Morning Post, meramalkan bahwa Washington dan Beijing akan mencapai kesepakatan perdagangan pada awal Maret.Dia juga mengatakan, Meng Wan-zhou, CFO Huawei, akan dibebaskan pada April atau Mei.Meng kini sedang dikenakan tahanan rumah di Kanada menunggu kemungkinan ekstradisi ke Amerika.

Berbicara di sela-sela konferensi ini, Xie Mao-song, seorang asisten profesor di Central Party School, mengatakan, dia yakin hal ini akan terealisir karena langkah balasan yang dilakukan oleh China.

Tampaknya, langkah balasan yang dimaksud termasuk penahanan dan penuntutan terhadap dua warganegara Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, yang dituduh membahayakan keamanan negara.

Recommended

XS
SM
MD
LG