Tautan-tautan Akses

Chelsea Manning Ditolak Masuk Kanada


ARSIP - Chelsea Manning, kanan, dibantu untuk memasang mikrofon sebelum pemunculannya di sebuah forum, di Nantucket, Mass, 17 September 2017 (foto: AP Photo/Steven Senne)

Chelsea Manning, mantan analis intelijen Amerika yang dihukum karena membocorkan informasi kepada WikiLeaks telah dilarang masuk Kanada.

Pada Senin, Manning memposting di Twitter sebuah laporan dari pemerintah Kanada yang mengidentifikasi dirinya sebagai warga asing yang tidak punya otorisasi masuk Kanada akibat penghukuman di masa lalu.

Manning memberi tahu Reuters dia berusaha masuk Kanada pada Kamis malam, untuk berlibur di Montreal dan Vancouver.

Katanya, dia dihentikan di perbatasan dan ditahan semalam sebelum diberi surat yang menyatakan dia tidak diperbolehkan masuk Kanada karena pertimbangan kriminal yang serius.

Surat itu mengatakan, seandainya pelanggarannya dilakukan di Kanada, hal itu setara dengan pelanggaran yang bisa dihukum, yakni pengkhianatan,” dan bisa menyebabkan penjara 14 tahun. Karena alasan ini, Manning dianggap tidak boleh masuk Kanada.

Manning dihukum 35 tahun pada 2013, dan dia menjalani 7 tahun hukuman itu sebelum Presiden Barack Obama memberi dirinya pengampunan sebelum dia meninggalkan jabatannya Januari lalu. [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG