Tautan-tautan Akses

Ceko, Hungaria, Polandia Diberi Waktu 24 Jam Terima Jatah Pengungsi


Komisaris Migrasi Uni Eropa, Dmitris Avramopoulos, di markas besar komisi Uni Eropa di Brussels, Belgia, 2 Maret 2017. (Foto: dok).

Uni Eropa memperingatkan Republik Ceko, Hungaria dan Polandia hari Selasa (13/6) bahwa mereka diberi waktu 24 jam untuk mulai menerima pengungsi berdasarkan rencana Uni Eropa membagi pengungsi, kalau tidak, akan menghadapi tindakan hukum.

Komisi Eropa mengatakan dalam pernyataan bahwa mereka telah berkali-kali mendesak ketiga negara itu agar memindahkan pengungsi atau setidaknya berjanji akan melakukannya berdasarkan rencana pembagian pengungsi yang mengikat secara hukum yang disepakati dua tahun yang lalu.

Tetapi, komisi itu mengatakan negara-negara tersebut belum mengambil langkah dan ini melanggar kewajiban hukum mereka dan bahwa Komisi Eropa telah mengambil keputusan untuk meluncurkan prosedur penindakan terhadap pelanggaran tersebut.

Rencana membagi 160 ribu orang pengungsi yang berjubel di Italia dan Yunani selama dua tahun ini disetujui bulan September tahun 2015 oleh suara mayoritas.

Tetapi hanya tiga bulan lagi sebelum batas waktu September tahun 2017, kurang dari 21 ribu pengungsi telah dipindahkan ke negara-negara Eropa lain.

Republik Ceko, Hongaria, Rumania dan Slowakia memberi suara yang menentang rencana pembagian pengungsi itu. Hungariadan Slowakia sebelumnya telah mengambil tindakan hukum mereka sendiri untuk menentang rencana tersebut.

Komisaris Migrasi Uni Eropa, Dmitris Avramopoulos, mengatakan Republik Ceko, Hungaria, dan Polandia diberi waktu sampai Rabu untuk mengubah sikap mereka. [gp]

XS
SM
MD
LG