Tautan-tautan Akses

Cegah Wabah Corona, Sejumlah Mal Sesuaikan Jam Operasional


Seorang pekerja di bioskop CJ CGV setelah imbauan untuk menghindari kerumunan massa demi mencegah penyebarah wabah virus corona, di Jakarta, 23 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Agar penyebaran virus corona tak semakin meluas, sejumlah pusat perbelanjaan dan tempat-tempat hiburan di DKI Jakarta mulai menyesuaikan operasionalnya untuk sementara waktu.

Ada yang menutup operasionalnya sementara waktu, ada juga yang memilih mempersingkat jam buka.

Public Relations dan Marketing Communication Plaza Indonesia Tommy Utomo mengatakan, Plaza Indonesia akan tutup mulai besok, Rabu, 25 Maret higga 3 April.

“Kami mendukung kebijakan pemerintah untuk social distancing dan stay at home. Jadi kami antisipasi hal tersebut dengan menutup sementara mal. Ini keputusan internal, tetapi merujuk ke kebijakan pemerintah,” ujar Tommy kepada VOA melalui telepon, Selasa (24/3).

Seorang anggota Palang Merah Indonesia menyemprotkan cairan disinfektan di dalam sebuah pasar swalayan untuk mecegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19), di Jakarta, 17 Maret 2020. (Foto: Reuters)
Seorang anggota Palang Merah Indonesia menyemprotkan cairan disinfektan di dalam sebuah pasar swalayan untuk mecegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19), di Jakarta, 17 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Dalam keterangan tertulis yang diterima VOA, beberapa toko di lantai basement mal yang terletak dekat Bundaran HI itu, tetap buka selama masa penutupan sementara. Namun jam operasional toko-toko tersebut terbatas hanya dari pukul 11.00 – pukul 17.00 WIB.

“Toko-toko yang masih diperbolehkan buka adalah yang menjual kebutuhan pokok,” imbuh Tommy, antara lain supermarket Foodhall, toko-toko obat dan ATM.

Mal Central Park di Grogol, Jakarta Barat, dalam unggahan di Instagram dan situs web, mengumunkan sejumlah tenant (penyewa) di mal tersebut memutuskan untuk menghentikan sementara operasionalnya.

Dalam pengumumannya, Central Park menyebut jaringan bioskop CGV, Rise, hiburan karaoke Inul Vista, Fun World, Zen-O dan pusat kebugaran Celebrity Fitness, akan tutup mulai 23 Maret hinggal 5 April 2020.

PT Graha Layar Prima Tbk, yang mengoperasikan jaringan bioskop CGV, mengumumkan melalui situs webnya bahwa semua bioskop CGV di Jakarta tutup pada 23 Maret – 5 April. Menurut informasi di situs web CGV, ada 11 bioskop CGV di Jabodetabek, antara lain di Grand Indonesia, mal FX, Pacific Place, Sunter Mall and Buaran Plaza.

Tak semua pusat perbelanjaan menutup sementara operasionalnya. Beberapa memilih mempersingkat jam operasional. Seperti Plaza Senayan dan Senayan City di Jakarta Selatan. Mulai hari ini, Selasa (24/3), Plaza Senayan terbuka bagi pengunjung dari pukul 11.00-19.00 WIB, sedangkan Senayan City buka dari pukul 11.00-20.00 WIB.

Hingga Senin (23/3), tercatat total 579 orang yang positif terjangkit virus corona di Indonesia. Sebanyak 49 orang di antaranya meninggal dunia. [ft/au]

Recommended

XS
SM
MD
LG