Tautan-tautan Akses

Cegah Penelantaran Bayi Tak Diinginkan, Kentucky Buat “Baby Box”


Pendiri dan CEO Safe Haven Baby Boxes, Monica Kelsey, menunjukkan “baby box” atau “kotak bayi” (foto: dok).
Pendiri dan CEO Safe Haven Baby Boxes, Monica Kelsey, menunjukkan “baby box” atau “kotak bayi” (foto: dok).

Negara bagian Kentucky menerima bayi pertama yang diserahkan secara anonim di salah satu lokasi penyerahan aman “baby box” atau “kotak bayi.”

Dalam konferensi pers Jumat lalu (11/2), pendiri dan CEO Safe Haven Baby Boxes Monica Kelsey mengatakan bayi itu ditempatkan di kotak bayi yang terletak di lokasi Departemen Pemadam Kebakaran Bowling Green tujuh hari setelah kotak itu tersedia. Kelsey menolak memberi rincian lebih jauh demi melindungi anonimitas itu. Ia mengatakan petugas pemadam kebakaran dapat mengambil bayi itu dalam waktu kurang dari 90 detik.

“Baby Box” atau “Kotak Bayi” adalah wahana yang disediakan pemerintah negara bagian Kentucky sebagai bagian dari “Safe Haven Law,” yang secara hukum mengizinkan seorang ibu yang berada dalam kondisi krisis dan tidak dapat merawat bayi mereka yang baru lahir, untuk menyerahkan bayi mereka secara aman, selamat dan tanpa nama. Sebuah kotak bayi dipasang di dinding luar stasiun pemadam kebakaran atau rumah sakit yang ditunjuk.

Bayi yang diserahkan Jumat lalu itu adalah yang ke-24 yang diserahkan kepada satu dari lebih 130 kotak bayi yang dibangun organisasi Safe Haven Baby Boxes di sembilan negara bagian.

Kelsey mengatakan bayi yang diterimanya itu sehat. “Bayi ini sehat. Bayi ini cantik,” ujarnya seraya menambahkan bahwa para pejabat sekarang sedang mencari orang yang hendak mengadopsi bayi tersebut.”

Gubernur Kentucky Andy Beshear pada tahun 2021 menandatangani sebuah undang-undang yang mengizinkan penggunaan kotak bayi untuk bayi yang berusia kurang dari 30 hari. Undang-undang itu mewajibkan kotak-kotak bayi itu ditempatkan di dalam kantor polisi, kantor pemadam kebakaran atau rumah sakit yang dijaga 24 jam sehari.

Gubernur Kentucky Andy Beshear (foto: dok).
Gubernur Kentucky Andy Beshear (foto: dok).

Undang-undang itu juga mengharuskan “kotak bayi” itu memiliki sistem notifikasi untuk mengingatkan penanggap pertama di lokasi bahwa ada seorang bayi yang ditempatkan di dalam kotak itu.

Kentucky kini memiliki 16 lokasi “kotak bayi.”

“Safe Haven Baby Boxes” dipasang di dinding atau bagian luar stasiun pemadam kebakaran atau rumah sakit. Pintu luar secara otomatis akan mengunci ketika ada bayi yang ditempatkan di kotak bayi itu. Sementara pintu bagian dalam memungkinkan anggota staf medis untuk mengambil bayi itu dari dalam gedung.

“Anak ini secara hukum sah dan aman, penuh kasih, meskipun tidak ada identitasnya, dan ditempatkan di dalam Safe Haven Baby Box,” ujar Kelsey. Ini menunjukkan situasi orang tuanya.

Nancy Tate, anggota DPR dari negara bagian Kentucky yang mensponsori aturan hukum itu, mengatakan kepada media bahwa tujuannya adalah untuk memiliki sedikitnya satu boks di setiap sudut Kentucky. Tate mengatakan “saya sangat berbesar hati melihat dukungan atas proyek ini.” [em/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG