Tautan-tautan Akses

Cegah Corona, ITB, Unpad, dan UPI Terapkan Kuliah Online 


Seorang petugas menunjuk ke layar yang menampilkan informasi mengenai virus corona, di Bandung, Jawa Barat, 5 Maret 2020. (Foto: AFP)

Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menerapkan kuliah online atau jarak jauh, guna mencegah penyebaran COVID-19. Acara wisuda ITB turut dibatalkan.

Dalam surat edaran yang diterbitkan Sabtu (14/3), Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, mengimbau para dosen untuk ‘mengoptimalkan’ berbagai bentuk pembelajaran jarak jauh.

“Termasuk pemanfaatan fasilitas e-learning/on-line dalam kerangka upaya pencegahan COVID-19, sesuai dengan arahan dari Direktorat Pendidikan dan Direktorat Pengembangan ITB,” tulis surat tersebut.

ITB, yang memiliki sekitar 20 ribu mahasiswa, juga membatalkan berbagai bentuk kegiatan, termasuk wisuda pada April 2020, studium generale, konferensi dan seminar, serta kegiatan mahasiswa yang melibatkan banyak peserta dari luar kampus.

Kebijakan tersebut berlaku setidaknya sampai 30 April mendatang.

Pihak kampus telah membatalkan kegiatan AUN-QA International Conference 2020, yang sedianya digelar pada 16-19 Maret 2020, dan menghadirkan beberapa peserta dari luar Indonesia.

Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). (Foto: humas/itb.ac.id)
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). (Foto: humas/itb.ac.id)

Sementara Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Naomi Haswanto, mengatakan ITB menutup kunjungan dari luar kampus untuk sementara waktu.

“Sejak tanggal 16 Maret 2020, penerimaan kunjungan siswa sekolah ke ITB Kampus Ganesha dan Kampus Jatinangor ditiadakan sampai dengan batas waktu yang tidak dapat ditentukan,” kata Naomi dalam pernyataan yang ditulis di situs ITB.

Cegah Corona, ITB, Unpad, dan UPI Terapkan Kuliah Online
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:32 0:00

Unpad dan UPI Juga Kuliah Online

Sementara itu, Universitas Padjadjaran juga menerapkan kebijakan serupa. Rektor Unpad Rina Indiastuti memerintahkan pembelajaran tatap muka diganti dengan metode daring, mulai Rabu, 18 Maret 2020.

“Kegiatan akademik yang dimaksud termasuk kegiatan perkuliahan, tutorial, praktikum, bimbingan, ujian tengah semester, sidang usulan riset dan sidang akhir skripsi/tesis/disertasi,” ujarnya dalam surat edaran tertanggal 13 Maret.

Mahasiswa di Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat. (Foto: humas/unpad.ac.id)
Mahasiswa di Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat. (Foto: humas/unpad.ac.id)

Unpad, yang memiliki sekitar 30 ribu mahasiswa, juga mengimbau civitas akademika menjauhi kegiatan yang dihadiri banyak orang.

“Dan tidak menyelenggarakan kegiatan baik akademik maupun non akademik yang melibatkan banyak peserta,” tambah surat edaran tersebut.

Langkah serupa diterapkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), yang memiliki 32 ribu mahasiswa dan kampus di 6 lokasi yang tersebar di Jawa Barat dan Banten.

"Kegiatan praktik laboratorium dan praktik lapangan di UPI dan sekolah laboratorium percontohan dilakukan memanfaatkan media daring dan tugas disampaikan melalui video yang diunggah ke media daring," ujar Rektor UPI Asep Kadarohman melalui keterangan tertulis, Sabtu (14/3).

Perkuliahan online juga diberlakukan oleh Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani). Sementara Telkom University telah menunda wisuda bagi 1.400 mahasiswa yang sedianya dilakukan awal Maret ini. [rt/ft]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG