Tautan-tautan Akses

AS

Calon Menlu AS akan Bahas Rusia dan NATO dalam Sidang Konfirmasi Senat


Ketua Senat Komite Hubungan Luar Negeri Senator Bob Corker (kanan), dan anggota peringkat komite, Senator Ben Cardin (kiri) mengapit Calon Menlu pilihan Presiden terpilih Donald Trump, Rex Tillerson di Capitol Hill, Washington, 11 Januari 2017. (AP Photo/Steve Helber).

Calon Menteri Luar Negeri Pilihan Presiden terpilih Donald Trump, Rex Tillerson, diperkirakan akan membahas hubungan dengan Rusia dan pembangunan pulau buatan oleh China di Laut Cina Selatan dalam sidang konfirmasi Senat, Rabu pagi (11/1).

Tim transisi Trump merilis pernyataan pembuka yang akan disampikan Tillerson ke panel Senat.

Tillerson diperkirakan akan mengatakan kepada para senator bahwa NATO perlu mewaspadai kebangkitan Rusia, dan bahwa dialog terbuka dan blak-blakan dengan Rusia terkait ambisinya diperlukan agar Amerika Serikat bisa merencanakan langkah antisipasi.

Dalam pidatonya, Tillerson akan menyebut tindakan China di kawasan Laut Cina Selatan yang disengketakan sebagai tindakan ilegal yang mengabaikan norma-norma internasional.

Tillerson diperkirakan akan mulai diwawancarai oleh komisi Hubungan Luar Negeri Senat mulai pukul 9 pagi waktu setempat.

Juga, Rabu (11/1), calon jaksa agung Senator Jeff Sessions akan melanjutkan hari kedua sidang konfirmasi terhadap dirinya, sementara calon menteri transportasi Elaine Choi akan menghadapi Komisi Perdagangan, Sains dan Transportasi Senat. (ab/as)

XS
SM
MD
LG