Tautan-tautan Akses

California Terus Berupaya Atasi Kebakaran Terparah


Petugas pemadam kebakaran tengah menangani kebakaran di Santa Rosa, California, 14 Oktober 2017.

Kebakaran di wilayah perkebunan anggur negara bagian California meluas setelah sepekan kebakaran paling parah dalam sejarah di negara bagian itu.

Jumlah korban jiwa hari Sabtu (14/10) meningkat menjadi 40, dengan kebakaran masih berkobar di sekurang-kurangnya 16 lokasi. Satu sisi zona kebakaran merentang seluas 160 kilometer persegi, menghancurkan sekitar 5.700 rumah dan tempat usaha. Sekitar 100 ribu orang telah dievakuasi dari rumah mereka, namun ada sebagian yang tidak mau beranjak dari tempat tinggal mereka.

Kapten Jimmy Bernal dari distrik damkar Rancho Adobe mengatakan, "Kebakaran ini didorong angin. Pada dasarnya, angin kencang mendorong dan semakin mengobarkan api." Kobaran api telah merembet ke kota Sonoma, nama yang identik dengan industri minuman anggur negara bagian California, membuat 400 keluarga mengungsi dari kota berpenduduk 11 ribu orang itu.

Kapten Bernal menambahkan, "Yang menyedihkan adalah korban jiwa akibat kebakaran ini sudah terlalu banyak. Intensitas kobaran api sangat luar biasa. Saya kira ada 36 orang yang meninggal dan banyak yang belum diketahui nasibnya. Kemungkinan jatuhnya korban lebih banyak sangat besar. Kenyataan yang sangat menyedihkan."

Banyak penduduk kota di dekat Sonoma, Santa Rosa, juga diungsikan. Evakuasi wajib telah diumumkan untuk kota Santa Rosa sementara api terus berkobar di wilayah luas di utara Teluk San Fransisco.

Para pejabat dinas pemadam kebakaran telah memerintahkan agar penduduk Skyhawk, Gunung Skyhawk, dan bagian-bagian wilayah Lembah Rinco meninggalkan rumah mereka.

Angin Santa Anna yang kencang dan kering yang bertiup dari pegunungan setiap akhir musim panas dan awal musim gugur membuat kebakaran menyebar dengan cepat. Angin yang berkecepatan sampai 64 kilometer per jam mendorong api melompati parit-parit pencegah kebakaran yang digali para petugas pemadam kebakaran.

Lebih dari sembilan ribu orang, banyak di antara mereka sudah sangat keletihan, berusaha memadamkan kebakaran di California, baik petugas damkar lokal maupun ribuan relawan, yang berdatangan ke wilayah itu dalam beberapa hari terakhir.

Para petugas damkar datang dari berbagai wilayah lain di California, dan bahkan ada yang datang dari Australia. [ds]

XS
SM
MD
LG