Tautan-tautan Akses

AS

Kerusakan Bertambah Akibat Kebakaran Hutan di California


Api dari kebakaran hutan tampak dari kejauhan sebuah kebun anggur, 14 Oktober 2017 di Santa Rosa, California.

Kebakaran hutan terburuk yang pernah terjadi di California, negara bagian Amerika yang terkenal sebagai penghasil minuman anggur, meluas setelah berlangsung seminggu.

Kebakaran ini telah menewaskan sekurangnya 40 orangpada Sabtu (14/10), dengan setidaknya 16 zona kebakaran. Satu sisi zona kebakaran membentang sejauh 160 kilometer persegi, menghancurkan sekitar 5.700 rumah dan toko. Sekitar 100.000 orang telah mengungsi. Tetapi sebagian bertahan. Laporan berita memuat kisah orang-orang yang berlindung dalam kolam renang sementara menyaksikan rumah mereka terbakar habis.

Jumat malam sampai Sabtu, api menjalar ke kota Sonoma, yang identik dengan industri anggur California, memaksa 400 keluarga di kota berpenduduk 11.000 orang itu mengungsi. Di kota terdekat Santa Rosa juga berlangsung evakuasi massal.

Lebih dari 9.000 petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan itu. Mereka adalah petugas setempat dan ribuan relawan, yang datang dalam beberapa hari ini. Petugas pemadam datang dari bagian lain California, dan luar Amerika: Kanada dan Australia.

Menggunakan jejaring sosial, warga California mengidentifikasi kekurangan pasokan dan mengisinya. Kepala sekolah Sonoma Valley, Will Deeths yang mengawasi tempat penampungan pengungsi di sekolahnya, mengatakan kepada kantor berita the Associated Press, respon masyarakat mengharukan.[ka]

XS
SM
MD
LG