Tautan-tautan Akses

AS

Buttigieg Sementara Pimpin Kaukus Iowa


Kandidat capres Demokrat, mantan wali kota South Bend, Indiana., Pete Buttigieg, berswafoto dengan para pendukungnya dalam kampanye malam kaukus di Des Moines, Iowa, Senin, 3 Februari 2020. (Foto: AP)

Pete Buttigieg memimpin dengan selisih tipis setelah batch pertama, yakni 62 persen dari distrik Iowa masuk pada Selasa (4/2/2020). Mantan wakil presiden Joe Biden tertinggal jauh pada posisi ke empat.

Senator Bernie Sanders berada di posisi kedua dan Senator Elizabeth Warren di tempat ketiga. Hasil ini dirilis hampir 21 jam setelah warga Iowa melakukan pemilihan primary lewat sistem kaukus.

Seandainya terpilih, Buttigieg, yang berusia 38 tahun, akan menjadi presiden Amerika gay yang pertama. Dia seorang veteran militer, pernah berdinas di Afghanistan, sebelum menjadi wali kota South Bend, sebuah kota berpenduduk 102 ribu orang.

Namun Bernie Sanders, usia 78 tahun, memimpin dalam perolehan suara. Dia seorang independen dan menyebut dirinya seorang sosialis demokratik.

Hasil perhitungan suara di Iowa ini dipenuhi oleh drama dan pengumuman yang sangat lambat. Pejabat pemilihan menyalahkan tidak berfungsinya sebuah aplikasi ponsel yang digunakan untuk menghitung suara. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG