Tautan-tautan Akses

AS

Hasil Kaukus Iowa Partai Demokrat Tertunda


Para petugas memeriksa dokumen di sebuah kaukus di Des Moines, Iowa, 3 Februari 2020.

Partai Demokrat di negara bagian Iowa memulai kegiatan pemilihan pendahuluan bakal calon presiden 2020 dengan menyelenggarakan kaukus. Namun hasil resmi kaukus Iowa hingga Selasa pagi belum diumumkan karena alasan belum tuntasnya pemeriksaan kualitas. Meski demikian, menurut reporter VOA Jim Malone, ketertundaan itu tidak menyusutkan keyakinan sejumlah kandidat bahwa mereka telah meraih kemenangan.

Di antara mereka yang yakin bahwa hasil kaukus Iowa berpihak pada mereka adalah pendatang baru di panggung politik nasional, mantan walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg.

"Kita akan tahu pada waktu proses penghitungan selesai dan diumumkan, Iowa, Anda telah mengguncang negara, karena, berdasarkan seluruh indikasi, kita akan melangkah ke New Hampshire dengan kemenangan!,” jelasnya.

Yang juga menduga telah meraih kemenangan adalah Senator Vermont Bernie Sanders, yang kalah tipis pada pemilihan di Iowa dari Hillary Clinton empat tahun lalu.

"Hari ini menandai awal berakhirnya Donald Trump.Dan semua kebencian, semua perpecahan, akan berakhir ketika, kita, bersama-sama, berada di Gedung Putih,” kata Sanders.

Mantan wakil presiden Joe Biden, yang sering dianggap sebagai unggulan terdepan, malah sudah memfokuskan perhatiannya ke pemilihan pendahuluan di New Hampshire pekan depan.

"Kita akan meninggalkan Iowa dengan sejumlah delegasi yang berhasil kita rebut. Kita tidak tahu pasti mengenai hal itu namun kita merasa kemenangan berada di pihak kita. Jadi kini kita melangkah ke New Hampshire,” kata Biden.

Suasana kaukus di Roosevelt High School, Des Moines, Iowa, Senin, 3 Februari 2020. (AP Photo / Andrew Harnik)
Suasana kaukus di Roosevelt High School, Des Moines, Iowa, Senin, 3 Februari 2020. (AP Photo / Andrew Harnik)

Kandidat lain yang mencari momentum di New Hampshire adalah Senator Massachusetts Elizabeth Warren. "Kita akan selalu menjadi partai yang lebih kuat, bangsa yang lebih kuat ketika kita menyatukan pandangan kita untuk memajukan keadilan dan memperluas peluang bagi semua,” komentarnya.

Warren, Sanders dan Senator Minnesota Amy Klobuchar memiliki waktu yang terbatas dalam berkampanye untuk kaukus di Iowa karena pada pekan-pekan terakhir harus menghadiri sidang pemakzulan Presiden Trump.

"Meski banyak saingan, meski berlangsung sidang pemakzulan Donald J. Trump yang membuat saya harus hadir di Senat dalam dua pekan terakhir, kita terus berjuang dan kalian terus berjuang untuk saya,” kata Klobuchar.

Jumlah pemilih yang memberikan suara mereka dalam kaukus Iowa sangat tinggi. Para kandidat calon presiden Partai Demokrat kini bergerak ke New Hampshire untuk pemilihan pendahuluan yang dilangsungkan di sana pada Selasa pekan depan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG