Tautan-tautan Akses

Badai Irma dan Ketegangan Misil Korut Mereda, Bursa Asia Menguat


Seorang pria memperhatikan indikator saham elektronik di sebuah perusahaan sekuritas di Tokyo, Jepang, 28 April 2016. (Foto:dok)

Bursa saham Asia naik mencapai level tertinggi dalam 10 tahun Selasa (12/9), mengikuti penguatan bursa saham global. Para investors bisa bernafas lega karena ketegangan Korea Utara menurun dan skenario terburuk kerusakan akibat Badai Irma tampak bisa dihindari.

Indeks MSCI untuk bursa Asia-Pasifik selain Jepang naik 0.1 persen ke level tertinggi sejak 2007. Indeks Jepang Nikkei naik 1.0 persen.

Di Wall Street, Indeks S&P 500 Amerika ditutup melonjak 1 persen ke rekor tertinggi 2.488.

Saham-saham perusahaan asuransi termasuk yang mengalami kenaikan besar. Indeks Perusahaan Asuransi Dunia naik 1.5 persen Senin (11/9) karena kerugian kerusakan properti akibat Badai Irma diperkirakan akan lebih kecil dari prakiraan awal.

Meredanya ketegangan karena Korea Utara tidak jadi meluncurkan tes misil atau tes nuklir selama akhir pekan lalu, juga membantu mendorong peningkatan minat investor.

Dewan Keamanan PBB secara bulat memutuskan untuk meningkatkan sanksi terhadap Korea Utara pada Senin (11/9) untuk tes nuklir keenam dan paling kuat yang dilakukan negara tersebut pada tanggal 3 September. PBB memberlakukan pelarangan ekspor tekstil dan membatasi impor minyak mentah Korea Utara. [fw/as]

XS
SM
MD
LG