Tautan-tautan Akses

Bunyi di Atlantik Bukan dari Kapal Selam Argentina yang Hilang


Bendera Argentina dengan tulisan dalam bahasa Spanyol, "Ayo Argentina. Kami Percaya Kepada Tuhan. Kami akan menunggu anda," terpasang di pagar pangkalan Angkatan Laut di Mar del Plata, Argentina, Minggu, 19 November 2017.

Suara sonar yang dideteksi di Atlantik Selatan, dekat lokasi kapal selam Angkatan Laut Argentina dengan 44 awak yang hilang lima hari lalu, diyakini bukan berasal dari kapal yang nahas itu, juru bicara angkatan laut mengatakan.

Bunyi yang terdeteksi pada penyelidikan awalnya menimbulkan harapan bahwa awak kapal selam ARA San Juan, yang hilang setelah melaporkan kerusakan listrik, kemungkinan telah sengaja mengeluarkan suara-suara untuk memanggil regu penyelamat.

Namun analisis oleh pejabat berwenang Argentina, yang memasuki hari keempat misi pencarian dan penyelamatan, menunjukkan bahwa kemungkinan besar bukan dari kapal selam buatan Jerman itu, kata Enrique Balbi, juru bicara angkatan laut mengatakan kepada para wartawan di Buenos Aires.

“Bunyinya tidak sesuai dengan pola yang konsisten dengan bunyi pukulan pada dinding dalam kode morse,” kata Balbi. Dia menggambarkan apapun yang dideteksi sebagai “bunyi yang konstan dan terus-menerus.”

Ini adalah hasil penemuan yang mengecewakan, setelah sebelumnya pihak angkatan laut mengatakan panggilan satelit yang terdeteksi pada akhir pekan yang lalu, ternyata bukand ari kapal selam itu.

Kapal selam San Juan naik ke permukaan untuk melaporkan masalah listrik dan sedang dalam perjalanan kembali ke pangkalan di Mar del Plata ketika kehilangan kontak Rabu (15/11).

Badai telah menyulitkan upaya pertolongan. [ds/fw]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG