Tautan-tautan Akses

Bunuh dan Makan Lutung Langka, 6 Orang Ditangkap di Vietnam


Lutung pemakan daun di Kebun Binatang Henry Doorly di Omaha, Nebraskan, 19 Mei 2005.

Enam orang ditangkap di Vietnam karena membunuh dan memakan spesies lutung (langur) yang terancam punah, kantor berita AFP melaporkan, Jumat (28/12).

Para tersangka berhasil ditangkap karena mereka menayangkan secara langsung aksi keji itu di media sosial, kata polisi.

Perdagangan ilegal dan konsumsi hewan langka dan terancam punah di Vietnam marak. Hal itu dipicu keyakinan bahwa bagian tubuh hewan tertentu punya khasiat medis untuk menyembuhkan.

Namun penjualan hewan langka biasanya dilakukan di pasar gelap. Selain itu, para konsumen jarang menayangkan secara langsung proses membunuh dan memakan hewan-hewan yang dilindungi hukum Vietnam.

Para pelaku, yang berusia 35-59 tahun, memfilmkan aksi mereka sedang memakan lutung hidup dan menayangkan secara langsung melalui Facebook pada 17 November.

Para pelaku akhirnya bisa diidentifikasi pada Kamis (27/12).

“Butuh waktu bagi kami untuk menemukan para tersangka,” kata seorang petugas polisi di Provinsi Ha Tinh kepada AFP.

Mereka dikenai tuduhan melanggar undang-undang perlindungan “hewan terancam punah dan berharga.” Para tersangka sudah mengakui perbuatannya, menurut sebuah pernyataan yang diunggah pada situs Kepolisian Ha Tinh.

Salah satu pria membeli lutung itu dari seorang pemburu seharga $49, menurut pernyataan itu.

Lutung pemakan daun adalah salah satu spesies primata paling langka di dunia dan hanya ditemukan di bagian utara Vietnam. [ft]

XS
SM
MD
LG