Tautan-tautan Akses

Populasi Hiu di Sepanjang Pantai Australia Menurun Tajam


Nelayan menangkap hiu hammerhead di pantai Bondi, Australia (foto: ilustrasi).

Populasi hiu di sepanjang pantai Queensland menurun lebih dari 90% untuk beberapa spesies dalam lima dasawarsa terakhir, menurut penelitian baru yang menyerukan perlindungan lebih baik bagi spesies terancam punah di perairan Australia.

Australia mempunyai 170 jenis hiu dari sekitar 440 spesies di dunia. Hiu jenis White dan Grey Nurse sudah masuk dalam daftar sebagai hiu yang terancam punah di perairan Australia.

Para peneliti dari University of Queensland dan Griffith University telah menganalisa data dari program pengendalian hiu untuk mengukur laju perubahan populasi dalam lima dasawarsa terakhir. Jaring dan kait yang diberi umpan telah digunakan di Queensland untuk mengurangi risiko hiu menyerang perenang dan peselancar.

Tim peneliti mengkaji jumlah hiu jenis white shark, tiger, hammerhead (jenis hiu dengan kepala seperti palu) dan whaler yang ditangkap antara awal 1960-an hingga 2016.

Temuan mereka mengejutkan, menurut George Roff dari University of Queensland, salah seorang penulis studi ini.

“Hasilnya cukup mengejutkan. Apa yang kami dapati selama lebih dari 50 tahun terakhir adalah penurunan dramatis jumlah hiu apex di garis pantai Queensland. Jadi jumlah hiu liar di pantai kami menurun antara 74 sampai 92 persen. Pada waktu yang sama, ukuran hiu juga semakin kecil, jadi jumlah hiu lebih sedikit dan ukurannya juga lebih kecil daripada 50 tahun yang lalu, di pantai Queensland dan ini termasuk hiu jenis hammerhead yang terancam punah di dunia yang telah menurun 92 persen. Dan yang penting, tidak terjadi pemulihan pada hiu jenis White Shark yang terdaftar sebagai hiu yang rentan di Australia, meskipun perlindungan telah dilakukan lebih dari dua dasawarsa lalu untuk menghentikan penangkapan ikan,” kata Roff.

Para peneliti menyalahkan penangkapan ikan secara berlebihan sebagai penyebab penurunan tajam dalam populasi hiu hammerhead dan white shark besar.

Mereka mengatakan, menurunnya jumlah spesies hiu tertentu menunjukkan bahwa kesehatan laut secara keseluruhan juga menurun. Mereka mengatakan harus ada perlindungan yang lebih besar untuk hewan pemakan bangkai dan predator ini.

Para ilmuwan berkesimpulan bahwa faktor-faktor seperti perubahan iklim yang mempengaruhi populasi hiu, bukanlah satu-satunya alasan penyebab penurunan itu. (ps/jm)

XS
SM
MD
LG