Tautan-tautan Akses

Pompeo di Riyadh, Tak Ada Info Nasib Jurnalis Saudi yang Hilang


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman, di Riyadh, Saudi Arabia, 16 Oktober 2018.

Masih belum ada informasi mengenai nasib Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang hilang, meski Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Selasa (16/10), sudah bertemu dengan Raja Salman dari Arab Saudi dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman untuk membahas hal itu.

Khashoggi tak diketahui rimbanya setelah terlihat memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, dua minggu lalu.

Sementara Pompeo di Arab Saudi, Presiden Donald Trump di Twitter mengatakan bahwa ia berbicara dengan putra mahkota, pemimpin de facto negara itu, "yang menyangkal keras mengetahui apa yang terjadi di konsulat mereka di Turki."

Trump mengatakan pemimpin Arab Saudi itu meyakinkannya bahwa "sudah memulai, dan dengan cepat akan mengembangkan, penyelidikan penuh dan lengkap mengenai masalah ini. Jawaban akan segera datang."​

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Pompeo, diplomat AS yang paling senior, itu menjelaskan kepada Arab Saudi "mencari tahu apa yang terjadi pada Jamal Khashoggi adalah alasan utama" Trump mengirimnya ke Riyadh, dan masalah itu "menjadi masalah penting bagi presiden ". [my]

XS
SM
MD
LG