Tautan-tautan Akses

Bulu Tangkis: Lee Mundur dari World Championship, Asian Games


Lee Chong Wei (kiri) bersalaman dengan Viktor Axelsen dari Denmark setelah pertandingan tunggal putra di turnamen Piala Thomas dan Piala Uber di Bangkok, 23 Mei 2018.

Bintang bulu tangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei, tidak jadi bertanding di turnamen World Championship dan Asian Games karena menderita penyakit pernafasan, kantor berita Perancis AFP melaporkan, Rabu (25/7), mengutip pernyataan para pejabat.

Pebulutangkis peringkat dua dunia disarankan untuk beristirahat dan menjalani perawatan setelah bertanding dalam sembilan turnamen sepanjang tahun ini.

Kejuaraan World Championship yang akan berlangsung selama satu minggu di Nanjing, China, dimulai Senin (30/7). Sedangkan Asian Games di Indonesia akan digelar 18 Agustus - 2 September.

“(Lee) sedang kurang sehat dan mengalami masalah pernafasan,” kata Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) dalam pernyataannya.

“Untuk sementara waktu, dia tidak bisa menjalani aktivitas fisik yang intensif selama setidaknya satu bulan. Karena itu, kami membatalkan partisipasi Lee di BWF World Championship…dan Asian Games.”

BAM tidak memberikan rincian mengenai penyakit yang diderita peraih tiga kali medali perak Olimpiade berusia 35 tahun itu..

Prestasi Lee tahun ini termasuk memenangkan medali emas tunggal putra di pesta olahraga Persemakmuran dan gelar ke-12 Malaysia Terbuka.

Presiden BAM Norza Zakaria mengataka dia sudah bertemu dengan Lee dan mendukung keputusannya untuk beristirahat.

“Kami tidak ingin tekanan kompetisi merusak kesehatannya. Kami menantikan dia kembali untuk berkompetisi,” kata Norza kepada AFP. [ft]

XS
SM
MD
LG