Tautan-tautan Akses

Jepang Tampil Kuat Pada Pembukaan Piala Thomas dan Uber


Pebulu tangkis Jepang, Kento Momota, dalam pertandingan melawan Ka Long Angus Ng dari Hong Kong laga tunggal putra Piala Thomas dan Piala Uber di Bangkok, 20 Mei 2018.
Pebulu tangkis Jepang, Kento Momota, dalam pertandingan melawan Ka Long Angus Ng dari Hong Kong laga tunggal putra Piala Thomas dan Piala Uber di Bangkok, 20 Mei 2018.

Tim Jepang memulai kompetisi Piala Thomas dan Piala Uber dengan hasil memuaskan. Tim putra dan tim putri Jepang melibas lawan-lawan kuat di grup masing-masing pada hari pembukaan turnamen, seperti dilaporkan AFP.

Tim Uber Jepang menang telak 5-0 melawan tim Australia pada Minggu (20/5) pagi, sedangkan tim putra menahan Hong Kong dengan skor 4-1.

Meski China mendominasi bulu tangkis selama bertahun-tahun, Jepang mulai muncul sebagai kekuatan baru. Negeri Sakura ini mengincar dua gelar prestisius di turnamen tahun ini yang berlangsung di Thailand.

Jepang menjadi salah satu juara favorit Uber Cup. Penampilan mereka membuktikan hal itu. Nozomi Okuhara, juara tunggal putri dunia, mengandaskan pebulu tangkis Australia, Lousia Ma, dengan 21-6, 21-6 dalam penyisihan Grup A.

Ganda putri Misaki Matsutomo dan Ayaka Takahashi melibas ganda putri Australia Lee Yeen Khoo dan Ann-Louise Slee dengan 21-3, 21-4.

Tim putra Jepang juga ingin mengulang prestasi juara Piala Thomas 2014. Namun jalan menuju kemenangan tampaknya tak akan mudah. Jepang harus menghadapi dua tim kuat, China dan Denmark, yang menjadi negara pertama di luar Asia yang memenangkan Piala Thomas pada 2016.

Tim Piala Thomas Jepang kali ini dipimpin oleh mantan pebulu tangkis nomor dua dunia, Kento Momota. Pebulu tangkis Jepang berusia 23 tahun itu secara mengejutkan menumbangkan pemenang medali emas Olimpiade asal China, Chen Long, dalam Piala Asia bulan lalu.

Dalam pertandingan lain, tim putri Thailand yang mendapat dukungan para penggemar di kandang sendiri, mengalahkan Jerman dengan skor 5-0 di penyisihan Grup B.

Hasil pertandingan lainnya, tim putra China menang 5-0 dari tim Australia, sedangkan Indonesia dan Taiwan masing-masing memenangi laga melawan Kanada dan Jerman.

Denmark, yang dijadwalkan bertanding pada hari ini, Senin (21/5), mengusung pemain nomor satu dunia, Viktor Axelsen. Namun tim Denmark kali ini tidak diperkuat oleh pemain ganda putra andalan, Carsten Mogensen. Carsten terpaksa absen karena sakit.

Turnamen bulu tangkis Piala Thomas dan Piala Uber yang berlangsung di Bangkok pekan ini, diikuti oleh tim dari 16 negara. Babak final dijadwalkan pada akhir pekan ini. [ft/au]

XS
SM
MD
LG