Tautan-tautan Akses

Bodied, Sajikan Dunia Adu Musik Rap


Calum Worthy (ketiga dari kanan) bersama pemeran lain film Bodied pada hari pertama Festival Film Toronto, 7 September 2017.

Rap merupakan salah satu bagian dari budaya hip-hop yang populer di Amerika dan dunia. Budaya ini berkembang lebih jauh dengan maraknya pertarungan rap (battle rap) yang menjadi tema film baru, Bodied.

Berperan dalam film rap barangkali dianggap tidak cocok bagi seorang aktor yang dikenal lewat perannya pada serial Disney "Austin dan Ally." Tetapi Calum Worthy justru menganggap sebaliknya.

Film "Bodied" yang disutradarai oleh Joseph Khan ini mengisahkan seorang mahasiswa pascasarjana UC Berkeley yang diperankan oleh Worthy yang terpukau dengan perang rap setelah mengangkat jenis musik/vokal ini sebagai tesisnya.

"Partisipasinya dalam rap menyebabkan kontroversi di Berkeley dimana ia kuliah, namun ia tetap melakukannya," kata Worthy.

Pertarungan rap adalah bagian dari jenis musik hip-hop , yang terdiri dari penyanyi rap yang saling berhadapan dan melontarkan lirik atau secara bebas diarahkan kepada lawan mereka, mirip dengan pertandingan tinju.
Salah satu film rap yang paling terkenal adalah film yang dibintangi Eminem "8 Mile", dan Eminem (Slim Shady) juga berperan sebagai produser di film ini.

Khan sendiri sudah banyak mengarahkan video musik Eminem selama bertahun-tahun karirnya.

"Saya belum pernah bertemu dengan Eminem, tetapi kita melihat pengaruhnya di sepanjang film ini," kata Worthy. "Dan fakta bahwa ia menyukai film ini dan yakin bahwa film ini perlu ditonton sangat berarti."

Dunia adu musik rap jauh berbeda dari dunia politik dengan sopan-santun politik, melainkan dengan sumpah serapah dan penghinaan vulgar sering diarahkan pada lawan, dengan harapan menang dan mengalahkan penyanyi rap lawan.

Worthy mengatakan tokoh yang diperankannya tertarik pada bentuk seni ini karena "memicu banyak perbincangan seputar kebebasan berbicara dan penghargaan budaya yang merupakan dua tema besar dalam film ini."

Film "Bodied" saat ini di putar di bioskop-bioskop tertentu di Amerika dan akan tersedia pada situs YouTube Premium pada 28 November 2018. [my]

XS
SM
MD
LG