Tautan-tautan Akses

Blinken di Senat AS Paparkan Bantuan bagi Afghanistan


Menlu AS Antony Blinken berbicara di depan anggota Komisi Luar Negeri Senat AS, Selasa (14/9).
Menlu AS Antony Blinken berbicara di depan anggota Komisi Luar Negeri Senat AS, Selasa (14/9).

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken berjanji akan melanjutkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan melalui badan-badan PBB dan organisasi non-pemerintah, sehari setelah Amerika mengatakan akan memberikan hampir $64 juta bantuan baru untuk kemanusiaan.

Diplomat tertinggi Amerika itu menghadapi putaran pertanyaan sulit lagi, Selasa, dari anggota Kongres atas penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan bulan lalu, dalam kesaksian di depan Komisi Hubungan Luar Negeri Senat. Blinken mengatakan dana tambahan akan “memenuhi kebutuhan kesehatan yang penting dan nutrisi, mengatasi masalah perlindungan perempuan, anak-anak, dan minoritas, untuk membantu lebih banyak anak – termasuk anak perempuan – kembali ke sekolah.”

Dengan bantuan itu, yang tidak akan diserahkan melalui Taliban melainkan didistribusi langsung ke rakyat Afghanistan, berarti Amerika telah memberi hampir $330 juta bantuan kepada rakyat Afghanistan dalam tahun fiskal ini.

PBB meminta $606 juta untuk sisa tahun ini untuk pangan, perawatan kesehatan, tempat tinggal dan kebutuhan vital lainnya untuk membantu 11 juta orang.

Sementara Sidang Umum PBB tahun ini Selasa secara resmi dibuka, belum diketahui apakah pimpinan Taliban akan mewakili Afghanistan atau tidak dalam pertemuan internasional itu. [ka/lt]

XS
SM
MD
LG