Tautan-tautan Akses

Ratusan Jenazah Korban Gempa di Tiongkok Diperabukan


Mayat-mayat korban gempa tersebut diangkut dengan truk ke lereng bukit Yushu di provinsi Qinghai.

Tidak sebagaimana biasanya, biksu Budha memperabukan ratusan jenazah korban gempa hari Sabtu, ketika jumlah korban yang meninggal meningkat mencapai 1.484.

Jenazah-jenazah diangkut ke sebuah bukit di dekat pusat gempa di provinsi Qinghai, di mana biksu Tibet menempatkan jenazah tadi di sebuah perapian yang besar. Biksu Tibet biasanya membiarkan begitu saja jenazah korban dimakan burung pemakan bangkai.

Pemimpin Tibet di pengasingan, Dalai Lama, mengatakan, dia ingin sekali berkunjung ke tempat bencana untuk menyatakan duka cita. Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di situsnya hari Sabtu, Dalai Lama memuji pemimpin-pemimpin Tiongkok, terutama PM Wen Jiabao, atas cepatnya tanggapan mereka terhadap bencana itu.

Pemerintah Tiongkok belum menanggapi pernyataan Dalai Lama. Gempa berkekuatan 6.9 skala Richter melanda Yushu, sebuah kabupaten terpencil di Tiongkok baratlaut hari Rabu.

Pejabat-pejabat Tiongkok mengatakan, hampir 12.000 orang luka-luka akibat bencana itu. Petugas SAR tengah mencari 332 orang yang hilang.

Namun, tingginya dari permukaan laut dan suhu yang membeku di kabupaten itu, menghambat upaya pencarian.

XS
SM
MD
LG