Tautan-tautan Akses

Bikin Buku Mewarnai Dengan Penyanyi Jewel, Seniman Indonesia: “Impian Bisa Jadi Kenyataan”


Seniman Indonesia (kanan) berkolaborasi bikin buku mewarnai dengan penyanyi Jewel (dok: Atreyu Moniaga)
Seniman Indonesia (kanan) berkolaborasi bikin buku mewarnai dengan penyanyi Jewel (dok: Atreyu Moniaga)

Merupakan suatu kejutan bagi seniman Indonesia, Atreyu Moniaga, di Jakarta, dimana belum lama ini ia diajak berkolaborasi oleh penyanyi papan atas, Jewel, di Amerika Serikat, untuk mendesain ilustrasi buku mewarnai, dalam rangka 25 tahun album perdananya, yang berjudul “Pieces of You.” Selamat ya!

Rasanya seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi seniman muda Indonesia, Atreyu Moniaga, ketika diajak berkolaborasi oleh penyanyi pemenang piala Grammy, Jewel Kilcher atau lebih dikenal, Jewel, untuk mendesain buku mewarnai, dalam rangka 25 tahun album debutnya, “Pieces of You.”

“Aku tuh udah nge-fans (sama) Jewel dari masih SD, masih kecil,” papar seniman yang biasa disapa Atre ini, saat dihubungi oleh VOA melalui Skype, belum lama ini.

Di “Follow” Balik Jewel di Instagram

Semua ini berawal dari perkenalannya melalui Instagram. Waktu itu Atre “mention” atau sebut akun sang idola, di salah satu hasil karyanya di Instagram. Namun, “waktu itu enggak direspon sama sekali.” Sampai akhirnya ia memberi komentar di salah satu postingan Jewel, yang lalu menarik perhatian pelantun lagu “Foolish Games” ini.

“Dia balas, ‘eh, itu yang di Instagram lu tuh, karya-karya lu?’” cerita Atre.

Atreyu Moniaga bersama karya lukisannya (dok: Atreyu Moniaga)
Atreyu Moniaga bersama karya lukisannya (dok: Atreyu Moniaga)

Dari situlah, tepatnya tahun 2016, pertemanan antar penyanyi papan atas dan fan-nya ini dimulai. Jewel lalu mem-‘follow’nya di Instagram.

Sebelum akhirnya mengerjakan proyek buku mewarnai ini, Atre pernah menawarkan kepada Jewel, untuk membuat buku cerita anak. Namun, proyek itu belum sempat terlaksana.

Hingga pada suatu hari, Atre menyampaikan idenya untuk membuat sketsa, untuk sampul album CD Jewel. Kebetulan pada waktu itu Jewel memang tengah bersiap merilis ulang album perdananya, “Pieces of You,” dan menyambut ide Atre dengan semangat.

“Enggak lama kemudian, ada feedback dari Jewel, bahwa manajernya (bilang), kalau cover kayaknya nggak bisa, karena mereka mau tetap menggunakan estetis yang mereka buat 25 tahun yang lalu untuk album ini, artinya lebih nostalgic,” ujar pria yang mulai fokus di dunia seni lukis sejak tahun 2018 ini.

Atre mengaku sempat kecewa. Namun, Jewel tetap semangat ingin berkolaborasi dengan Atre, sampai akhirnya terciptalah ide untuk membuat buku mewarnai, yang sesuai dengan tema album “Pieces of You.”

“Akhirnya aku sama Jewel, ngobrol lagi berdua, nggak ada manajer kita masing-masing. Kita akhirnya sepakat, kita bikin tuh agar ‘experience-nya’ tuh per lagu. Jadi kita bikin 14 gambar, untuk 14 lagunya Jewel,” kata Atre.

Diberi Kebebasan Berkreasi

Dalam mendesain buku mewarnai ini, Atre pun diberi kebebasan dalam berkreasi sesuai dengan talenta dan aliran lukis yang ia dalami, yang menurutnya sejalan dengan pemikiran Jewel.

Ilustrasi potret wajah Jewel karya Atreyu Moniaga (dok: Atreyu Moniaga)
Ilustrasi potret wajah Jewel karya Atreyu Moniaga (dok: Atreyu Moniaga)

Memang sejak dulu, karya seni Atre banyak terinspirasi dari lagu-lagu Jewel. Dulu, ketika belum begitu mengerti bahasa Inggris, hasil karya visualnya “datang dari melodi.” Setelah beranjak dewasa dan dengan bertambahnya kemampuan Atre dalam berbahasa Inggris, ia pun mulai lebih mengerti lagi arti dari lagu-lagu karya Jewel.

“Aku kan mulai mengerti tuh, apa yang diomongin sama Jewel di lagunya dia dan itu aku pakai untuk membantuku dalam membuat semiotika-semiotika (lambang/tanda.red) pribadiku gitulah, terhadap satu objek. Jadi aku mencoba untuk menggunakan cara Jewel memberikan kode dalam lirik. Aku jadi visual,” jelasnya.

Penyanyi Jewel mengenakan scarf dengan gambar ilustrasi karya Atreyu Moniaga (dok: Atreyu Moniaga)
Penyanyi Jewel mengenakan scarf dengan gambar ilustrasi karya Atreyu Moniaga (dok: Atreyu Moniaga)

Jewel pun mempercayakan seluruh desain ilustrasi untuk buku mewarnai ini kepada Atre.

“Sebenarnya enak banget sih kolaborasi sama Jewel. Aku mikir, apa jangan-jangan karena kita udah ngerti karya satu sama lain, atau waktu dia liat karyaku, dia juga ngerti, karena karyaku kan banyak banget yang terinspirasi dari karyanya Jewel,” jelas pelukis yang juga adalah seorang ilustrator ini.

Namun, di luar kebebasan yang ia miliki, tentu saja ada tantangan yang harus dihadapi, apalagi ketika harus membuat karya untuk penyanyi yang sudah ia idolakan sejak kecil. Atre mengaku harus meyakinkan dirinya sendiri bahwa ia mampu.

“Itu adalah satu hal yang cukup membuatku panik, waktu aku sadar bahwa proyek ini tuh jadi gitu,” ujar lulusan Institut Kesenian Jakarta ini.

“Tantangan terbesarnya adalah percaya bahwa aku bisa melakukannya dan melakukannya dengan baik. Jadi to fight my own demon, I guess. Itu adalah tantangan yang paling besar,” tambahnya.

Jewel Sebut Atre “Luar Biasa”

Hasil karya Atre benar-benar membuat Jewel puas. Melalui pesan suara yang dikirimkan langsung kepada Atre, Jewel mengatakan, “You’re incredible, that was just beyond my wildest dreams. What a beautiful talent you are. Unreal, I’m so excited and cannot wait to reveal with people.”

“Kamu luar biasa. (Karyamu) itu jauh dari apa yang saya impikan. Bakat kamu sangat indah. Saya sudah tidak sabar untuk memperlihatkan (karyamu) ke orang-orang.”

For me is very weird, karena harusnya kan yang ngomong aku, tapi ini Jewel,” kata Atre sambil tertawa.

Selendang karya Atreyu Moniaga menjadi latar belakang wawancara Jewel (Dok: Atreyu Moniaga)
Selendang karya Atreyu Moniaga menjadi latar belakang wawancara Jewel (Dok: Atreyu Moniaga)

Yang juga membuat Atre bahagia adalah, salah satu selendang dengan motif ilustrasi karyanya juga dengan bangga ditampilkan sebagai latar belakang dinding, saat Jewel melakukan wawancara dengan stasiun televisi di Amerika. Jewel juga terlihat memakai selendang tersebut di salah satu fotonya.

Kolaborasinya dengan Jewel merupakan kejutan bagi teman-teman Atre yang tahu bahwa dirinya sudah mengidolakan Jewel, sejak dulu.

“Aku banyak banget dikontak sama teman-teman atau media-media yang pernah meng-interview aku, karena mereka pada ikut senang. Karena dulu tuh mereka sampai bilang, ‘gila ya dulu tiap kali kita tanya, inspirasi lu siapa, lu selalu bilangnya Jewel, Jewel, Jewel, dan akhirnya lu bisa kerjasama sama Jewel,’ bahkan katanya tuh mereka jadi ikut happy,” kata Atre.

Akun Instagram Atre pun seketika langsung kebanjiran komentar yang mengucapkan selamat atas pencapaiannya ini.

Jewel pun juga memuji hasil karya Atre saat mengungah gambar sampul buku mewarnai ini. Ia mengatakan: “This is legit the nicest coloring book I have ever seen. Atreyu did a drawing that represents the story of every song. It’s amazing.”

“Ini buku mewarnai terbaik yang pernah saya lihat. Atreyu membuat gambar yang merepresentasikan cerita dari setiap lagu. Sungguh menakjubkan.”

Kini buku mewarnai bertema “Pieces of You” ini sudah bisa dipesan di situs Jewel seharga 25 dolar AS atau setara dengan 367 ribu rupiah, yang sudah termasuk dengan tiket konser virtual yang akan diselenggarakan tanggal 20 November mendatang.

Berkarya di Tengah Pandemi

Pandemi bukanlah penghalang bagi Atre untuk berkarya. Kini, ia tengah mengerjakan beberapa proyek, terus melukis, dan membimbing para seniman muda, yang tengah mempersiapkan diri untuk ajang “Art Jakarta.”

“Kita benar-benar cuman via online gitu sih. Menurutku agak sulit. Soalnya menurut aku, dengan online gitu, energinya yang suka enggak berasa,” ujarnya.

Atreyu Moniaga, dengan salah satu karyanya (Dok: Atreyu Moniaga)
Atreyu Moniaga, dengan salah satu karyanya (Dok: Atreyu Moniaga)

Melalui kolaborasinya dengan Jewel, Atre ingin membuktikan bahwa sebuah impian dan cita-cita bisa diraih, asal kita tidak berhenti menggapainya.

“Banyak banget orang yang DM (direct message.red) aku di Instagram, terutama teman-teman lama, dan orang-orang yang tahu aku dari aku masih benar-benar tunggang langgang meniti karir dan mereka bilang ke aku, bahwa dengan kolaborasiku bersama Jewel, mereka tuh jadi percaya bahwa ternyata impian bisa jadi kenyataan,” kata Atre.

Kolaborasi ini menjadi sebuah harapan bagi orang-orang di sekitar Atre. Akhir kata, Atre berpesan, kuncinya adalah “never quit dreaming” atau jangan pernah berhenti bermimpi, karena “impian bisa jadi kenyataan.” [di/em]

In Case You Missed It “Atreyu Moniaga, Pelukis Indonesia yang Mendesain Buku Mewarnai Penyanyi AS Jewel”
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:13:19 0:00

XS
SM
MD
LG