Tautan-tautan Akses

Biden Tak Singgung Soal Kebijakan di Michigan


Presiden Joe Biden mengunjungi kebun ceri bersama para senator dari Michigan dan Gubernur Gretchen Whitmer (tengah), di King Orchards, Central Lake, Michigan, Sabtu, 3 Juli 2021. (Foto: Mangel Ngan/AFP)
Presiden Joe Biden mengunjungi kebun ceri bersama para senator dari Michigan dan Gubernur Gretchen Whitmer (tengah), di King Orchards, Central Lake, Michigan, Sabtu, 3 Juli 2021. (Foto: Mangel Ngan/AFP)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tak menyinggung soal kebijakan dalam lawatannya ke Michigan pada Sabtu, dan lebih fokus pada ceri dan pada para warga.

Gubernur Gretchen Whitmer menyambut Biden ketika dia tiba tengah hari di Kota Traverse, yang sedang mengadakan Festival Ceri Nasional.

Mereka tak mengunjungi festival itu, melainkan ke sebuah kebun ceri di Antrim County. Biden sempat menyampaikan rencana imigrasinya sambil bercakap-cakap dengan dua pasangan asal Guatemala yang sedang memetik buah itu. Biden kemudian menyapa para pendukungnya yang berkumpul di sekitarnya.

Kunjungan itu dianggap sebagai kampanye luas oleh pemerintah untuk menggalang dukungan publik bagi paket infrastruktur bipartisannya dan beberapa kebijakan lain yang berorientasi keluarga dan pendidikan. Namun, Presiden pada Sabtu (3/7) lebih fokus untuk mengadakan kontak langsung dengan warga dan tidak berpidato soal proposal kebijakannya.

Whitmer mengatakan kepada wartawan dia berbicara dengan Biden mengenai infrastruktur, meski tidak secara khusus membahas tentang proyek apapun di Michigan.

"Saya gubernur yang memperbaiki jalan, maka saya bicara tentang infrastruktur dengan semua orang, termasuk presiden," katanya. Dalam banjir baru-baru ini, dia mengatakan negara bagian itu melihat "infrastruktur yang kekurangan dana, berbenturan dengan perubahan iklim," dan jalan-jalan raya kebanjiran.

"Ini momen penting. Dan itu sebabnya paket infrastruktur ini sangat penting," imbuhnya.

Presiden pernah mengatakan kunci agar perjanjian senilai $973 miliar dolar itu disetujui Kongres adalah dengan membawa isu itu langsung ke warga. Sementara faksi Republik dan Demokrat mungkin berargumen di Washington, Biden beranggapan para anggota Kongres kedua partai pasti ingin mewujudkan keinginan para konstituen mereka. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG