Tautan-tautan Akses

Biden Kunjungi Lokasi Gedung yang Ambruk di Florida


Presiden AS Joe Biden berbicara dengan anggota tim penyelamat di Surfside, Florida Kamis pagi (1/7).
Presiden AS Joe Biden berbicara dengan anggota tim penyelamat di Surfside, Florida Kamis pagi (1/7).

Presiden AS Joe Biden dan Ibu Negara Jill Kamis pagi (1/7) datang ke Surfside, Florida, di mana operasi untuk mencari dan menemukan korban robohnya gedung kondominium itu sempat ditangguhkan semalam.

Dalam konferensi pers hari Kamis, Walikota Miami-Dade County Daniella Levine Cava menjelaskan alasan menangguhkan operasi itu.

“Kami terpaksa menangguhkan operasi itu Kamis dini hari karena khawatir dengan struktur fondasi gedung yang ambruk itu. Kami melakukan segala hal yang dapat kami lakukan untuk memastikan keselamatan tim tanggap darurat kami, ini yang terpenting, dan operasi pencarian dan penyelamatan akan segera dilanjutkan setelah dinilai aman untuk melakukannya,” ujarnya.

Kepala Pemadam Kebakaran Miami-Dade County Alan Cominsky menyoroti bahaya dalam upaya pencarian siang dan malam untuk menemukan mereka yang masih bertahan hidup di antara reruntuhan bangunan, dan menjelaskan perlunya menangguhkan operasi itu. Cominsky mengatakan tim SAR pada hari Rabu (30/6) menggunakan anjing-anjing pelacak, video dan sonar, dan secara khusus mencari tanda-tanda kekosongan di antara reruntuhan yang mungkin membuat seseorang bisa bertahan hidup.

Pejabat-pejabat lokal mengatakan jumlah korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal meningkat menjadi 18 orang, termasuk dua anak-anak. Walikota Miami-Dade County Daniella Levine Cava mengumumkan jumlah korban terbaru dalam serangkaian cuitan di Twitter, termasuk 145 orang yang hingga kini belum diketahui nasibnya.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan presiden dan ibu negara akan bertemu dengan keluarga para korban “yang terpaksa menanggung kepedihan ini,” dan menyampaikan rasa terima kasih kepada tim tanggap darurat yang pertama tiba di lokasi dan tim penyelamat lainnya.

Hampir separuh dari gedung 12 lantai Champlain Towers South ambruk pada 24 Juni lalu. Penyelidikan masih berlangsung untuk mengetahui penyebab ambruknya gedung itu. [em/jm]

XS
SM
MD
LG