Tautan-tautan Akses

Biden: 'MAGA' Partai Republik Ingin Memotong Biaya Perawatan Kesehatan


Presiden AS Joe Biden berbicara soal biaya kesehatan dan akses terhadap pengobatan terjangkau dalam sebuah acara di Virginia Beach, Virginia, pada 28 Februari 2023. (Foto: Reuters/Leah Millis)
Presiden AS Joe Biden berbicara soal biaya kesehatan dan akses terhadap pengobatan terjangkau dalam sebuah acara di Virginia Beach, Virginia, pada 28 Februari 2023. (Foto: Reuters/Leah Millis)

Presiden Joe Biden, pada Selasa (28/2), mengatakan anggota fraksi Republik di Kongres bisa membahayakan perawatan kesehatan jutaan warga Amerika Serikat. Biden menyampaikan pernyataan itu menjelang dirilisnya anggaran pendapatan dan belanja pekan depan di saat Partai Republik mendorongnya untuk menegosiasikan tingkat pengeluaran belanja.

Biden, dari Partai Demokrat, berbicara di pusat rekreasi di Virginia Beach, Virginia. Pernyataannya adalah bagian dari upaya yang lebih luas pekan ini untuk membandingkan prioritas pemerintahannya dengan prioritas dari Partai Republik yang belum menjelaskan soal pemotongan anggaran mereka.

Menggunakan proposal sebelumnya, kata Biden, Partai Republik mungkin hendak memangkas tunjangan Medicaid dan Obamacare, serta Jaminan Sosial dan Medicare.

“Apa yang akan mereka potong? Itulah pertanyaan besarnya,” kata Biden. “Bagi jutaan orang Amerika, perawatan kesehatan adalah sesuatu yang tidak pasti.”

Biden mengatakan bahwa banyak orang Republik yang "sangat baik". Namun, anggota fraksi Republik yang merupakan bagian dari gerakan "Make America Great Again" atau MAGA yang dimulai oleh mantan Presiden Donald Trump telah menunjukkan kesediaan untuk memotong dana perawatan kesehatan dan membiarkan pemerintah federal gagal membayar utangnya.

Ketua DPR Kevin McCarthy telah meminta pemerintah untuk tetap pada jalur menuju anggaran yang seimbang, tetapi ia belum menyatakan garis besar anggaran yang akan dipotongnya.

Presiden selama ini memanfaatkan ketiadaan rencana fraksi Republik untuk menyerang mereka, menyoroti proposal sebelumnya. Biden dijadwalkan merilis rencana anggarannya pada 9 Maret mendatang. Ia berjanji memangkas utang nasional sampai $2 triliun dalam 10 tahun. [ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG