Tautan-tautan Akses

Biden, Kishida, Hargai ‘Aliansi yang Tak Tergoyahkan’


PM Jepang Fumio Kishida (Kiri) dan Presiden AS Joe Biden melambai dari balkon saat Upacara Penyambutan Resmi di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, DC, 10 April 2024.
PM Jepang Fumio Kishida (Kiri) dan Presiden AS Joe Biden melambai dari balkon saat Upacara Penyambutan Resmi di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, DC, 10 April 2024.

Presiden AS Joe Biden memuji Perdana Menteri Fumio Kishida atas kepemimpinannya yang berani saat ia menyambut pemimpin Jepang tersebut ke Gedung Putih pada hari Rabu (10/4) untuk melakukan pembicaraan mengenai situasi keamanan yang sulit di kawasan Pasifik dan untuk jamuan makan malam kenegaraan yang mewah.

Kunjungan resmi Kishida melengkapi sambutan hangat pemerintah AS terhadap para pemimpin Quad, kemitraan informal antara AS, Jepang, Australia, dan India yang menjadi fokus Gedung Putih untuk ditingkatkan sejak Biden menjabat. Seperti dikatakan oleh para pejabat pemerintah, mereka menginginkan hubungan yang paling penting ini langgeng.

“Aliansi yang tidak dapat dipatahkan antara Jepang dan Amerika Serikat adalah landasan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di Indo-Pasifik dan di seluruh dunia,” kata Biden saat menyambut Kishida dalam upacara kedatangan yang penuh kemegahan di Halaman Selatan Gedung Putih.

Kunjungan ini juga menandai realisasi transformasi Jepang dari pemain regional menjadi pemain berpengaruh global – dan para pejabat senior pemerintahan Biden menyatakan bahwa tidak banyak yang dilakukan oleh Amerika di seluruh dunia yang tidak didukung oleh Tokyo.

Kedua pemimpin merujuk pada keinginan Jepang untuk mengambil peran utama dalam upaya mendukung Ukraina melawan invasi Rusia dan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza.

“Saat ini dunia menghadapi lebih banyak tantangan dan kesulitan dibandingkan sebelumnya,” kata Kishida.

“Jepang akan bergandengan tangan dengan Amerika dan bersama-sama kita akan memimpin dalam mengatasi tantangan di kawasan Indo-Pasifik dan dunia, sambil tanpa kenal lelah terus mengembangkan hubungan,” tambahnya.

Kishida juga mengumumkan bahwa Jepang memberikan 250 pohon sakura kepada AS untuk menandai ulang tahun Amerika yang ke-250 pada tahun 2026.

Biden dan Kishida sama-sama menghadapi hambatan politik yang sulit di dalam negeri sementara juga berusaha mengatasi permasalahan yang semakin rumit di panggung global. Seperti Biden, Kishida dirundung tingkat dukungan yang rendah selama sebagian besar masa jabatannya.

Para pemimpin mengadakan pembicaraan di Ruang Oval dan konferensi pers bersama sebelum santap malam formal, yang akan diramaikan dengan pentas musik, termasuk oleh penyanyi-penulis lagu Paul Simon, favorit Kishida dan ibu negara Jill Biden.

Keluarga Biden menjamu Kishida dan istri untuk makan malam pada Selasa malam. Mereka membawa pasangan itu ke BlackSalt, sebuah restoran makanan laut di lingkungan yang ramai di Washingt5on, DC. [lt/my]

Forum

XS
SM
MD
LG