Tautan-tautan Akses

Berapa Ongkos Belajar Jadi Dokter?


Seorang peneliti bekerja di laboratorium di Duke-NUS Medical School, yang sedang mengembangkan cara untuk melacak perubahan genetik yang mempercepat pengujian vaksin terhadap virus corona di Singapura 23 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Pekerjaan sebagai dokter banyak disukai orang karena selain bisa mendatangkan banyak uang, tugas itu adalah pekerjaan yang mulia karena ia harus berusaha menyembuhkan orang sakit. Salah satu sekolah kedokteran yang terbaik di Amerika adalah Dartmouth Medical School di negara bagian New Hampshire, yang didirikan tahun 1797.

Sekolah kedokteran ini adalah lembaga pendidikan kedokteran paling tua keempat di Amerika, dan telah banyak mencatat kemajuan dalam bidang pendidikan, riset dan praktek kedokteran. Fakultas kedokteran di Universitas Dartmouth ini juga dikenal dengan nama The Geisel School of Medicine adalah yang pertama menggunakan sinar–x untuk pemeriksaan klinis.

Fakultas ini juga terkenal karena menemukan mekanisme tentang bagaimana sinar atau cahaya mengatur jam biologis manusia. Tapi untuk belajar di fakultas ini, calon dokter harus punya cara yang ampuh untruk membayar ongkos-ongtkosnya.

Mahasiswa Sekolah Kedokteran Harvard Aliya Feroe berpose untuk foto di kampus sekolah, di Boston, 17 Oktober 2019. (Foto: AP/Steven Senne)
Mahasiswa Sekolah Kedokteran Harvard Aliya Feroe berpose untuk foto di kampus sekolah, di Boston, 17 Oktober 2019. (Foto: AP/Steven Senne)

Menurut website Fakultas Kedokteran Geisel, ongkos kuliah saja untuk tahun lalu berjumlah AS$63.080. Calon siswa juga harus menyediakan uang untuk sewa asrama atau apartemen, uang makan, uang buku dan uang untuk membeli peralatan.

Kata penjelasan dalam website itu, sewa kamar di asrama adalah AS$8.500 untuk tahun pertama dan kedua. Angka tersebut naik menjadi AS$10.200 untuk tahun ketiga dan naik lagi AS$300 dari jumlah itu untuk tahun keempat. Ongkos makan berkisar antara AS$2.750 sampai AS$3.900 per bulan, dan ongkos pembelian buku sekitar AS$3.800 dollar untuk masa kuliah empat tahun.

Kalau semua ongkos itu dijumlahkan, tiap mahasiswa harus punya hampir AS$88 ribu untuk tahun akademis pertama dan kedua. Untuk tahun ketiga ongkos itu bisa mencapai AS$94 ribu dan pada tahun terakhir turun sedikit menjadi AS$92.000. Karena mahalnya ongkos untuk menjadi dokter itu, banyak orang bertanya-tanya bagaimana mereka bisa membayar semua itu.

Sayangnya tidak ada cara ajaib untuk mengatasi masalah ini, yang berarti para peminat harus menabung sebanyak mungkin, mengurangi ongkos-ongkos atau berhemat, minta bantuan keuangan atau pinjaman dari sekolah yang bersangkutan, dan sisanya, pinjam uang dari bank.

Keseluruhan proses itu akan makan waktu dan sulit, tapi kalau sukses, hasilnya akan mendatangkan kepuasan dan gaji tinggi di masa depan. Para calon mahasiswa dianjurkan untuk menghubungi Geisel School of Medicine untuk minta penjelasan bagaimana mendapat bantuan keuangan itu. [ii]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG