Tautan-tautan Akses

Bentrokan Lahan di Vietnam, 3 Polisi dan Warga Desa Tewas


Bentrokan atas lahan sengketa di kawasan Dong Tam, pinggiran kota Hanoi, menewaskan seorang warga dan tiga polisi setempat.

Warga yang tinggal di pinggiran kota Hanoi menggunakan granat, bom Molotov dan tombak dalam upaya menghentikan tentara membangun tembok di seputar bandara militer di atas lahan yang mereka katakan sebagai milik pribadi. Tiga polisi dan seorang warga tewas dalam kejadian itu.

Dalam pernyataannya, Kementerian Keamanan Publik mengatakan, konfrontasi itu terjadi di Dong Tam. Disebutkan pula bahwa polisi telah menangkap beberapa orang yang terlibat dalam kerusuhan tersebut dan akan melaksanakan investigasi.

“Situasi di desa Dong Tam terkendali. Pihak berwenang akan tetap berada di tempat kejadian untuk menjaga keamanan,” kata juru bicara Kementerian, Jenderal To An Xo.

Bentrokan atas lahan sengketa yang sama dua tahun lalu mengakibatkan penduduk desa menawan lebih dari 30 polisi selama seminggu.

Sengketa tanah umum terjadi di Vietnam karena pemerintah tidak mengakui kepemilikan lahan pribadi. Lahan dapat diambil alih untuk proyek infrastruktur dan investasi, dan perselisihan mengenai atas ganti rugi seringkali menyebabkan bentrokan yang berkepanjangan. [uh/lj]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG