Tautan-tautan Akses

Bank Sentral AS Berusaha Keras Bantu Kehidupan Ekonomi


Kepala Bank Sentral Amerika atau Federal Reserve, Jerome Powell

Bank Sentral Amerika, Federal Reserve atau The Fed, hari Senin (23/3) meluncurkan upaya yang belum pernah terjadi, membanjiri ekonomi Amerika dengan uang di tengah kekacauan akibat pandemi virus corona, sementara Kongres memperdebatkan rencana penyelamatan pekerja dan perusahaan Amerika.

Seperti pasien di seluruh dunia yang berjuang melawan COVID-19, kehidupan ekonomi Amerika kini harus dibantu. Sebagian analis ekonomi memproyeksikan penciutan ekonomi 14 persen dalam triwulan April-Juni, sementara ekonomi global bisa menyusut 1,5 persen tahun ini.

Sekitar sepertiga penduduk Amerika diperintahkan tinggal di rumah, dan Bank Sentral memperingatkan akan adanya "gangguan parah" akibat virus itu selagi meluncurkan rangkaian langkah lain guna memompa dana ke dalam perekonomian, termasuk membeli utang pemerintah dalam jumlah tak terbatas – langkah yang mirip dengan mencetak uang.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan hari Senin, ia akan bertemu lagi dengan para pemimpin kongres untuk mencoba mencapai kompromi.[ka/ii]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG