Tautan-tautan Akses

Banjir di Bagian Selatan Jepang, Sedikitnya 16 Tewas


Pasukan penyelamat Jepang mengevakuasi warga dari Desa Kuma, Kumamoto ke lokasi yang aman Minggu (5/7).
Pasukan penyelamat Jepang mengevakuasi warga dari Desa Kuma, Kumamoto ke lokasi yang aman Minggu (5/7).

Sedikitnya 16 orang meninggal dan sepuluh lainnya hilang dalam banjir dan tanah longsor yang diakibatkan oleh hujan lebat di bagian selatan Jepang.

Empat belas korban ditemukan meninggal di dalam sebuah rumah panti jompo yang terendam banjir di dekat Sungai Kuma, di Pulau Kyushu, di selatan Jepang, hari Sabtu (4/7). Upaya pencarian warga dan staf panti jompo itu dilanjutkan kembali hari Minggu ketika hujan mereda.

Hujan deras diperkirakan akan kembali menyapu kawasan itu Minggu malam dan jumlah korban meninggal diperkirakan meningkat seiring semakin banyak ditemukannya orang yang hilang.

Otorita berwenang telah meminta ratusan ribu orang untuk menyelamatkan diri sepanjang akhir pekan ini dan telah mengirim sedikitnya 10.000 tentara untuk membantu proses evakuasi itu.

Perdana Menteri Shinzo Abe menyerukan warga untuk “sangat waspada” dan mendesak satuan tugas penanganan bencana untuk mempercepat dan memprioritaskan misi pencarian.

Badan Urusan Meteorologi Jepang mengatakan hujan lebat di kawasan itu tidak pernah terjadi sebelumnya dan mengingatkan bahwa terus terjadinya hujan dapat memicu tanah longsor. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG