Tautan-tautan Akses

Tokyo Alami Lonjakan Terbesar Kasus Covid-19 dalam 2 Bulan


Para pejalan kaki menyebrang jalan di Tokyo, 2 JUli 2020.

Para pejabat di ibu kota Jepang hari Kamis (2/7) melaporkan 197 kasus baru Covid-19 terkonfirmasi, jumlah terbanyak dalam sehari untuk kawasan itu dalam dua bulan ini.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan kepada wartawan bahwa banyak di antara penularan belakangan ini melibatkan orang-orang berusia 20-an dan 30-an yang terkait dengan tempat-tempat hiburan malam.

Ia mendesak para karyawan di sana untuk menjalani tes virus corona dan meminta warga agar menahan diri, tidak mengunjungi distrik hiburan malam Tokyo dan tetap waspada akan penyebaran virus. Ia mengatakan tidak seorang pun ingin kembali pada penutupan bisnis dan meminta semua orang untuk bekerja sama.

Para pejabat pemerintah mengakui bahwa jumlah kasus meningkat, tetapi menekankan bahwa banyak di antara mereka didiagnosis demikian karena meluasnya pengetesan di kalangan karyawan di distrik hiburan Tokyo.

Pada 2 Mei, Tokyo melaporkan 154 kasus baru, terakhir kalinya kota itu menghadapi lebih dari 100 kasus baru dalam satu hari. Jepang mencabut situasi darurat selama tujuh pekan itu pada akhir Mei.

Para pejabat menyatakan jumlah kasus baru harian di Tokyo tetap rendah hingga akhir pekan lalu, sewaktu kemudian mulai melewati 50 kasus baru per hari.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga Rabu mengatakan situasi ini belum segera memerlukan penetapan kembali perintah penutupan bisnis atau restriksi perjalanan, tetapi memperingatkan bahwa situasi darurat lainnya mungkin diterapkan bila situasi memburuk. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG