Tautan-tautan Akses

Bangkit dari Kehancuran: Samsung Luncurkan Penerus Note 7


Koh Dong-jin, presiden Samsung Electronics' Mobile Communications memperkenalkan ponsel pintar the Galaxy Note 8 dalam acara peluncuran di New York, Amerika, 23 Agustus 2017.

Samsung terus berusaha bangkit dari peluncuran Galaxy Note 7 yang membawa petaka tahun lalu, dengan meluncurkan ponsel penerusnya, kantor berita Associated Press melaporkan. Ponsel teranyar ini dilengkapi fitur kamera berlensa ganda, layanan pesan dengan animasi, penambahan kemampuan menulis catatan dan kapasitas baterai yang lebih rendah.

Perusahaan raksasa teknologi Korea Selatan ini tidak lagi berusaha memasang baterai yang lebih kuat untuk setiap ponselnya. Tahun lalu, Note 7 harus ditarik dari peredaran setelah banyak yang terbakar secara spontan karena baterai yang cacat.

Samsung merespon kasus ini dengan mewajibkan lebih banyak inspeksi untuk ponsel-ponsel baru dan memberikan perlindungan fisik untuk baterainya hingga memakan waktu yang lebih banyak untuk mengisi baterai dari yang biasanya.

Walaupun kesuksesan ponsel seri Galaxy S8 mengindikasiskan bahwa Samsung telah pulih dari kegagalan Note 7 yang sempat dilarang masuk ke penerbangan, kesalahan-kesalahan baru bisa berakhir fatal.

“Dari kehancuran, sebuah kelahiran baru merek legendaris ini,” kata Bob O’Donnell, analis teknologi konsumen veteran dari Techanalysis Research.

Harga Jual

Diluncurkan Senin (21/8), Galaxy Note 8 akan dijual di Amerika mulai 15 September di saat yang sama Apple diharapkan akan meluncurkan iPhone terbaru. Pemesanan awal untuk Note 8 mulai Kamis (24/8).

Ponsel baru ini termasuk jajaran ponsel termahal dijual seharga 930 dolar. Sebagai perbandingan, iPhone 7 dijual dengan harga mulai dari 650 dolar dan S8 mulai dari 750 dolar. Ponsel Samsung seri Notes cenderung untuk produk-produk khusus yang menyasar konsumen yang menggunakan ponsel lebih sering ketimbang konsumen ada umumnya.

Namun O’Donnel mengatakan peluncuran Note 8 bisa menaikkan minat ponsel-ponsel Samsung yang populer.

Fitur Baru

Ponsel Note 8 menawarkan perbaikan fitur-fitur yang signifikan dibanding model sebelumnya yang masih di pasaran. Namun S8 sudah dilengkapi beberapa fitur Note 8 yang signifikan seperti “Tampilan tanpa batas (Infinity Display)” yang bisa memaksimalkan ukuran layar dengan mengurangi bingkai yang mengelilingi tampilannya. Layar ponsel Note 8 berukuran 6,3 inci, lebih besar dari layar Note 7 yang berukuran 7,7 inci, tanpa terlihat terlalu besar.

Note 8 juga menyamai S8 dalam menawarkan kemampuan untuk membuka ponsel dengan model selaput, alat bantu dengar premium dari merek Samsung AKG dan tempat penyimpanan tambahan di luar kapasitas 64 gigabita yang terpasang.

Tidak seperti S8, Note 8 akan memiliki dua lensa kamera di bagian belakang – dengan pembesaran dua kali – yang akan menghasilkan gambar jarak dekat yang lebih tajam. Note 8 akan menyamai iPhone 7 buatan Apple dalam penggunaan lensa kedua untuk trik perangkat lunak yang menyamarkan latar belakang dalam foto-foto. Samsung menawarkan lebih banyak kemampuan setelah penggambilan gambar. Walaupun begitu, Apple mungkin juga akan menambahkan perbaikan-perbaikan juga di iPhone yang baru.

Samsung Note terkenal dengan pena stylusnya. Pena yang sempat dihilangkan dari perangkat Note 7 ini dihadirkan kembali di perangkat Note terbaru dengan sejumlah perbaikan. Fitur populernya adalah kemampuan untuk menulis catatan-catatan di ponsel dalam keadaan ponsel terkunci, seperti halnya di papan tulis. Samsung telah memperbesar seberapa banyak pengguna bisa menulis, hingga 100 layar penuh catatan dan tidak hanya satu layar. [fw/au]

XS
SM
MD
LG