Tautan-tautan Akses

AS

Badai Zeta Diperkirakan Landa Louisiana


Foto satelit badai Zeta pada hari Rabu (28/10) pukul 10:52 GMT.

Pusat Badai Nasional A.S. mengatakan Badai Zeta kemungkinan akan mencapai daratan Rabu (28/10) malam di tenggara negara bagian Louisiana sebagai badai kategori satu yang kuat.

Dalam laporan terbarunya, pusat badai mengatakan badai Zeta berputar di Teluk Meksiko sekitar 380 kilometer barat daya New Orleans, dengan kecepatan angin maksimum sekitar 150 kilometer per jam. Peramal cuaca mengatakan penguatan mungkin terjadi sebelum badai menghantam pantai teluk.

Peramal cuaca melaporkan kondisi memburuk dengan cepat di daerah antara pantai barat Louisiana dan Florida, dengan gelombang badai yang membahayakan keselamatan, angin dan hujan yang merusak.

Peringatan badai berlaku untuk Louisiana, Mississippi, dan Alabama. Layanan Cuaca Nasional juga memperingatkan adanya ancaman tornado di sepanjang jalur badai begitu badai tiba.

Badai diperkirakan melemah selagi bergerak cepat melintasi bagian timur Amerika Rabu malam dan Kamis, membawa hujan deras ke sebagian besar wilayah Atlantik tengah sebelum sisa-sisa badai kembali ke Samudra Atlantik Kamis malam.

Zeta adalah nama badai ke-27 pada musim badai 2020, menyamai rekor yang dibuat di musim badai 2005. Ini adalah badai ke-11 yang melanda bagian selatan Amerika tahun ini, dan badai topan keempat. Jika Zeta mendarat, sebagian besar di Louisiana, Zeta akan menjadi badai ketiga yang melanda negara bagian itu dalam dua bulan terakhir, dimana badai Laura dan Delta menyerang dalam jarak sekitar 24 kilometer satu sama lain di bagian barat negara bagian itu. [my/jm]

XS
SM
MD
LG