Tautan-tautan Akses

Badai Zeta Mencapai Daratan Semenanjung Yucatan Meksiko


Awan tebal di atas Playa Gaviota Azul saat Badai Tropis Zeta mendekati Cancun, Meksiko, Senin pagi, 26 Oktober 2020.

Badai Zeta menghantam bagian utara Semenanjung Yucatan di Meksiko dengan angin kencang dan hujan lebat pada Senin malam hingga Selasa.

Pusat Badai Nasional yang berbasis di AS menyatakan Zeta mencapai daratan di sebelah utara Tulum dengan kecepatan angin maksimum yang menyertainya 130 km/jam.

Peringatan badai telah dikeluarkan untuk pulau wisata Cozumel, dan dari Punta Allen ke Progreso, Meksiko. Warga kota peristirahatan Cancun di Meksiko juga bersiap menghadapi Zeta.

Para pakar cuaca menyatakan Zeta diperkirakan akan menguat lagi pada hari Selasa sewaktu bergerak menuju bagian selatan Teluk Meksiko menuju AS, di mana pengawasan badai berlaku untuk daerah metropolitan New Orleans dan Morgan City, Louisiana, di sebelah timur perbatasan Mississippi-Alabama.

Warga di bagian tengah pesisir Teluk Meksiko di wilayah AS mulai merasakan dampak Zeta pada Selasa malam sebelum badai itu bergerak menuju daratan ke arah Georgia pada hari Rabu, kemudian ke kawasan selatan Appalachian pada Rabu malam dan kawasan timur AS pada hari Kamis.

Zeta adalah badai kedua yang melanda Meksiko bulan ini. Badai Delta menghantam Semenanjung Yucatan pada awal Oktober, menumbangkan pepohonan dan memadamkan listrik bagi ribuan orang. Tidak ada laporan mengenai korban tewas akibat badai ini.

Badai Delta juga mendarat di Louisiana, di mana badai Laura menghantam pada akhir Agustus, menewaskan sedikitnya enam orang. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG