Tautan-tautan Akses

AS

Badai Zeta Mengancam Kawasan Pesisir Teluk Meksiko di AS


Citra satelit yang disediakan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) ini menunjukkan Badai Tropis Zeta, Rabu, 28 Oktober 2020, pukul 10:52 GMT (06:52 EDT). (NOAA / NESDIS / STAR melalui AP)

Badai Zeta, Rabu (28/10) diperkirakan mencapai daratan di kawasan Teluk Meksiko di Amerika, setelah mencurahkan hujan lebat ke Semenanjung Yucatan di Meksiko.

Para pakar cuaca di Pusat Badai Nasional (NHC) AS menyatakan badai itu dapat menimbulkan gelombang laut setinggi satu hingga tiga meter sewaktu mencapai daratan di bagian tenggara Louisiana pada sore hari.

Zeta juga diperkirakan akan menyebabkan beberapa tornado sewaktu bergerak ke bagian tenggara AS, serta membawa ancaman banjir dengan hujan lebat yang turun di kawasan tersebut.

Rabu pagi (28/10), badai itu disertai angin berkecepatan maksimum sekitar 140 kilometer/jam dan diperkirakan akan menguat sebelum mencapai daratan.

Gubernur Louisiana, Alabama dan Mississippi telah menetapkan situasi darurat di negara bagian mereka untuk mempercepat upaya bantuan.

Louisiana telah dihantam dua topan lainnya dan dua badai tropis pada tahun 2020. Zeta adalah badai ke-27 pada musim badai Atlantik tahun ini. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG