Tautan-tautan Akses

AS

Badai Tropis Ancam Pantai North Carolina


Awan-awan hujan di langit Miami, tanda-tanda Badai Tropis Arthur, 14 Mei 2020.

Badai tropis pertama yang diberi nama pada 2020 bergerak menuju North Carolina setelah mengguyur Florida timur. Badai yang diberi nama Arthur itu terbentuk di Samudera Atlantik dua pekan sebelum dimulainya musim badai resmi.

Arthur berputar di sekitar pantai Florida pekan lalu, mencurahkan hujan deras di wilayah antara Miami dan Fort Lauderdale sebelum bergerak ke utara. Pakar meteorologi mengatakan Arthur akan melewati gugusan pulau Outer Banks di North Carolina pada Senin (18/5), membawa hujan dan angin kencang ke pantai negara bagian itu.

Para pejabat telah mengeluarkan peringatan, meminta warga di bagian timur North Carolina untuk bersiap-siap menghadapi angin berkecepatan hingga 60 kilometer per jam mulai Minggu (17/5) malam hingga Senin (18/5) pagi. Angin itu cukup kuat untuk menumbangkan pepohonan dan menyebabkan sebagian listrik padam. Namun pakar meteorologi memperkirakan badai tidak akan melanda wilayah itu.

Arthur akan membawa ombak berbahaya dan, bersama dengan hujan, sehingga bisa menyebabkan banjir di wilayah pantai yang rendah. Penduduk dianjurkan untuk menjauhi pantai.

Para pejabat cuaca mengatakan sementara sistem itu bergerak menyeberangi perairan hangat di Arus Teluk, kekuatan badai bisa meningkat.

Arthur diperkirakan akan menjauhi Pantai AS setelah melewati North Carolina, pada pertengahan minggu. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG