Tautan-tautan Akses

Tornado Hantam Bagian Selatan AS


Tornado menghancurkan rumah-rumah dan sebuah bisnis pengolahan daging di kawasan Moss, Mississippi, 13 April 2020. (Foto: dok).
Tornado menghancurkan rumah-rumah dan sebuah bisnis pengolahan daging di kawasan Moss, Mississippi, 13 April 2020. (Foto: dok).

Para pejabat di negara bagian-negara bagian di selatan Amerika, Oklahoma, Texas dan Louisiana menyatakan sedikitnya lima orang tewas, Rabu (22/4) sewaktu cuaca buruk menyapu kawasan itu.

Para pejabat manajemen darurat di Texas Timur menyatakan sedikitnya tiga orang tewas dan hingga 30 lainnya cedera sewaktu tornado mendarat di kota Onalaska, di Kabupaten Polk, sekitar 130 kilometer sebelah timur laut Houston.

Sementara itu para pejabat darurat di Kabupaten Marshal, Oklahoma, menyatakan, dua orang tewas dan kerusakan yang luas terjadi sewaktu tornado menghantam kota Madil. Menurut para pejabat, ribuan keluarga mengalami mati listrik.

Di negara bagian Louisiana, para petugas penegak hukum mengatakan seorang perempuan tewas di dekat kota Woodworth, di bagian barat Louisiana.

Dinas Cuaca Nasional AS menyatakan cuaca buruk lainnya kemungkinan terjadi hari Kamis di bagian timur dan tenggara Amerika sementara sistem badai bergerak ke arah daerah tersebut.

Cuaca buruk biasa terjadi pada bulan-bulan ini di Amerika Serikat, sewaktu udara hangat di selatan bertemu dengan udara dingin di utara, menciptakan instabilitas di atmosfer. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG