Tautan-tautan Akses

AS

Badai Salju Mengacaukan Perjalanan Mudik Thanksgiving di AS


Szymon Lobocki, insinyur roket dari Denver, membersihkan mobilnya sebelum berangkat bekerja di bagian selatan kotanya setelah salju dan angin kencang melanda Denver menjelang libur besar Thanksgiving, 26 November 2019.

Rangkaian badai musim dingin menghantam sebagian besar kawasan Amerika Serikat, Rabu (27/11). Cuaca dingin itu menyulitkan warga yang akan bepergian untuk merayakan hari libur Thanksgiving.

Hingga Rabu sore, lebih dari 500 penerbangan dibatalkan dan lebih dari 9.000 lainnya tertunda, menurut situs web FlightAware.

Lebih dari 50 juta orang Amerika diperkirakan akan bepergian setidaknya sejauh 90 km dari rumah mereka untuk merayakan Thanksgiving bersama keluarga. Tahun ini mencatat jumlah perjalanan paling besar kedua sejak 2000.

Setelah melanda kawasan Pantai Barat dan pegunungan Rocky Mountains, badai bergerak melanda Dakota selatan, Iowa, Michigan, Minnesota dan Wisconsin.

Kata Dinas Cuaca Nasional, badai di Pantai Barat itu belum selesai, karena akan ada yang disebut siklon bom, yaitu sistem cuaca yang mengakibatkan hujan salju lebat dan angin berkecepatan 120 km per jam.

Dinas Cuaca Nasional mengatakan angin kencang dan salju lebat akan terus menghantam kawasan barat tengah Amerika dan kawasan Timur Laut. Karena itu mereka mendesak penduduk supaya jangan bepergian. Imbauan itu tentunya hal yang sulit diterima dalam hari libur paling besar di Amerika itu. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG