Tautan-tautan Akses

Badai Meksiko Ancam Pesisir Pasifik Meksiko


Gambar dari Satelit GOES EAST yang dirilis oleh NOAA menunjukkan Badai Willa di bagian timur Pasifik sedang menuju pesisir Pasifik Meksiko, 22 Oktober 2018.

Status kekuatan Topan Willa, yang sedang bergerak ke arah pantai Meksiko di Lautan Pasifik dengan angin berkecepatan 260 km per jam, telah ditingkatkan menjadi Badai Kategori Lima.

Topan Willa itu diperkirakan akan mencapai pantai Meksiko pada Selasa (23/10) siang atau Selasa malam sebagai badai yang “sangat berbahaya.” Badai tersebut diperkirakan akan melanda Kota Mazatlán yang biasanya ramai dikunjungi turis, dan berpenduduk sekitar 500 ribu orang. Beberapa kawasan wisata dan desa nelayan juga terletak dalam jalur yang akan dilewati topan Willa itu.

Pemerintah Meksiko telah memerintahkan supaya semua sekolah di negara bagian Sinaloa dan Nayarit ditutup dan mulai menyiapkan tempat-tempat penampungan.

Kata para pejabat, topan itu bisa menumpahkan hujan antara 15 sampai 45 sentimeter dan kemungkinan bisa mengakibatkan tanah longsor. Juga diperkirakan akan terjadi ombak besar yang akan sangat merusak, kata pusat peringatan bencana.[ii]

XS
SM
MD
LG