Tautan-tautan Akses

Badai Dekati Tokyo, Warga Diingatkan Segera Bersiap Diri


Ilustrasi. Kendaraan terbalik di sisi jalan berlumpur setelah Topan Hagibis melanda Nagano, Jepang pada 14 Oktober 2019. (Foto: AFP)

Sebuah badai tropis di Samudera Pasifik secara perlahan bergerak mendekati kawasan metropolitan Tokyo, Rabu (23/9). Pihak berwenang setempat mendesak warga untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dalam menghadapi hujan lebat dan angin kencang yang dibawa badai tersebut,

Badai yang dinamakan Dolphin saat ini bergerak ke arah utara, melewati perairan di sebelah selatan pulau Hachijo, dengan membawa angin berkecepatan maksimum 108 kilometer per jam, kata Badan Meteorologi Jepang.

Badai itu tidak akan mendarat di Jepang, berdasarkan prediksi terbaru badan itu, namun diperkirakan akan membawa hujan lebat di Tokyo dan beberapa kawasan lain di wilayah timur Jepang pada Kamis (24/9) dan Jumat (25/9).

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mendesak warga, terutama yang tinggal di pulau-pulau di sebelah selatan Tokyo, untuk bersiap menghadapi evakuasi dini. Ia mengatakan, Tokyo mengambil langkah-langkah keamanan yang memadai untuk mencegah penyebaran virus corona dengan mempersiapkan lebih banyak pusat-pusat penampungan untuk mereka yang dievakuasi.

“Tolong bersiap-siap sesegera mungkin,” kata Koike. Dua badai yang datang berturutan sebelumnya bulan ini menghantam Jepang dan Semenanjung Korea. Kedua badai itu menimbulkan kerusakan hebat dan mengakibatkan banjir di banyak lokasi. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG