Tautan-tautan Akses

Sepuluh Orang Tewas Saat Badai Hantam Jepang Timur


Seorang wanita melihat rumah-rumah yang rusak akibat banjir di Nagano pada 15 Oktober 2019, setelah Topan Hagibis melanda Jepang pada 12 Oktober 2019. (Foto: AFP)

Korban tewas akibat hujan deras yang menyebabkan banjir dan tanah longsor di Jepang. meningkat menjadi 10 orang pada hari Sabtu (26/10). Sementara tiga lainnya hilang. Bencana tersebut terjadi hanya dua minggu setelah wilayah itu dilanda topan yang kuat, Higibis.

Reuters mengutip NHK mengatakan, tanah longsor terjadi di prefektur Chiba dan Fukushima, di timur dan timur laut Jepang, pada hari Jumat. Di beberapa tempat, hujan selama sebulan turun hanya dalam setengah hari.

Perintah evakuasi dikeluarkan di sepanjang koridor utara yang dilanda dua topan sejak bulan lalu. Kota Ushiku di Chiba menerima hujan 283,5 mm (11 inci) selama 12 jam.

Meskipun badai telah pindah dari Jepang pada hari Sabtu, ratusan warga masih berada di pusat-pusat evakuasi dan beberapa layanan kereta api dan bus tetap ditangguhkan.

Beberapa jalan ditutup dan sekitar 4.700 rumah tangga masih tanpa air di kota Kamogawa, Chiba, kata penyiar publik.

Pembuat layar smartphone Japan Display Inc mengatakan telah menangguhkan produksi di pabrik Mobara di Chiba pada hari Sabtu, karena pemadaman sebagian. [ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG