Tautan-tautan Akses

Australia Protes "Perlakuan Tak Layak" terhadap 13 Warganya di Bandara Doha


Hamad International Airport di kota Doha, Qatar (foto: ilustrasi).

Kantor berita Australian Broadcasting Corporation (ABC) melaporkan, Australia secara resmi mengadukan apa yang disebutnya merupakan perlakuan yang "menyinggung dan sangat tidak layak (pantas)" terhadap penumpang di bandara Doha di Qatar.

Laporan itu mengatakan, tiga belas perempuan Australia diturunkan dari penerbangan ke Sydney setelah seorang bayi yang baru lahir ditemukan di kamar mandi bandara dan para penumpang perempuan dipaksa menjalani pemeriksaan yang bersifat invasif.

Otoritas bandara mengatakan, ketika bayi prematur itu ditemukan di sebuah kamar mandi di bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar pada 2 Oktober, semua penumpang perempuan dalam pesawat yang sedang bersiap untuk terbang ke Sidney diturunkan dari pesawat. Mereka yang diturunkan itu termasuk 13 perempuan Australia.

Mereka dibawa ke dua buah mobil ambulans yang menunggu di luar bandara dan digeledah. Beberapa perempuan mengatakan kepada media lokal, mereka ketakutan dan tidak diberi tahu mengapa pemeriksaan itu dilakukan.

Polisi Federal Australia memberitahu, meskipun tidak jelas wewenang apa yang dimiliki para penyelidik atas insiden yang terjadi di Timur Tengah itu.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan, Australia secara resmi telah mengadukan insiden ini kepada Qatar. “Kami tahu masalah ini telah dilaporkan ke Polisi Federal Australia. Ini adalah rangkaian peristiwa yang sangat mengganggu, menyinggung, dan memprihatinkan. Itu bukanlah sesuatu yang pernah saya dengar terjadi dalam hidup saya dalam konteks apa pun. Kami telah menerangkan pandangan kami secara sangat jelas kepada otoritas Qatar tentang masalah ini."

Laporan media mengatakan, para perempuan Australia itu bisa mengambil tindakan hukum terhadap pihak berwenang di Qatar.

Pemimpin oposisi Partai Buruh Australia Anthony Albanese mengatakan perlakuan mereka luar biasa memalukan. “Laporan mengenai perlakuan itu sangat mengganggu. Gagasan bahwa perempuan dapat menjadi sasaran pemeriksaan yang sangat intrusif ini menurut saya benar-benar memalukan.”

Dalam sebuah pernyataan, petugas bandara di Doha mengatakan bayi itu "selamat" dan dirawat di Qatar. Mereka menambahkan, staf medis telah menyatakan keprihatinan mereka "dengan kesehatan dan kesejahteraan seorang ibu yang baru saja melahirkan dan meminta agar ia dicari sebelum pesawat diberangkatkan". [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG