Tautan-tautan Akses

AS

Atasi Virus Corona, Pemerintahan Trump Siapkan Pedoman untuk Negara Bagian


Presiden Donald Trump berbicara tentang corona di James Brady Briefing Room, 26 Maret 2020, di Washington. (Foto: AP / Alex Brandon)

Presiden Donald Trump tetap optimis dalam menanggulangi pandemi COVID-19 dan malapetaka yang ditimbulkannya, meski jumlah kasus corona di Amerika Serikat melampaui China dan negara mana pun. Sedangkan pengajuan tunjangan pengangguran juga mencapai rekor tertinggi.

“Bagaimana dunia telah berubah, tetapi itu akan berakhir menjadi lebih baik dari sebelumnya,” kata presiden pada awal jumpa pers di Gedung Putih, Kamis (26/3). “Tenang saja. Tinggal di rumah. Kami membuat banyak kemajuan.”

Sebuah pengumuman akan disampaikan minggu depan tentang kemungkinan melonggarkan pedoman pemerintah kepada negara-negara bagian mengenai social distancing dan langkah-langkah lain, menurut Trump. Ia menyarankan sebagian besar daerah-daerah yang tidak terkena dampak serius virus corona dapat dibuka untuk melanjutkan bisnis seperti biasa.

Dalam sepucuk surat kepada para gubernur, Trump mengatakan pemerintahannya sedang merevisi pedoman social distancing dan berusaha untuk memberikan penilaian untuk 3.000 lebih county (setingkat kabupaten) apakah berisiko tinggi, sedang atau rendah.

“Saya kira itu akan terjadi dengan sangat cepat,” kata Trump tentang membaiknya kembali ekonomi.

Sementara ahli epidemiologi memperingatkan bahwa banyak daerah di Amerika Serikat belum terpapar dengan keganasan penuh virus itu. [lt/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG