Tautan-tautan Akses

AS

Atasi Kelangkaan Pasokan, AS Impor Susu Formula Bayi dari Meksiko


Rak bagian susu formula di supermarket Target di San Antonio, Texas, tampak kosong di tengah krisis susu formula yang melanda AS, pada 10 Mei 2022. (Foto: Reuters/Kaylee Greenlee)

Pemerintahan Presiden Joe Biden, pada Rabu (22/6), mengumumkan pihaknya menyediakan dukungan logistik untuk mengimpor susu formula bayi setara dengan 16 juta botol susu dari Meksiko mulai akhir pekan ini, sebagai bagian dari upaya menutupi kekurangan pasokan nasional akibat penutupan pabrik manufaktur susu terbesar di Amerika Serikat.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) mempercepat perjalanan truk yang akan membawa sekitar satu juta pon susu atau sekitar 4,5 ton susu bayi Gerber Good Start Gentle dari pabrik Nestle ke pengecer di Amerika. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah yang diimpor ke AS hingga saat ini.

Penerbangan kargo dari Eropa dan Australia telah membawa pasokan susu formula ke Amerika, termasuk dua putaran baru pengiriman lewat udara yang dimulai pada akhir pekan ini.

Gedung Putih telah berupaya membuat pasokan susu formula bayi lebih tersedia setelah mendapat tekanan dari orang tua atas masalah pasokan ini.

Pihak regulator pada Februari lalu menutup pabrik susu Abbott di Michigan, produsen susu formula bayi domestik terbesar, karena masalah keamanan. Pabrik dibuka kembali pada 4 Juni lalu setelah perusahaan itu berkomitmen menjalankan protokol tambahan terhadap sanitasi dan keselamatan.

Seminggu setelah dibuka, pabrik itu kembali ditutup selama lebih dari satu minggu setelah cuaca buruk menimbulkan kerusakan pada pabrik.

Perusahan itu mengatakan perlu waktu untuk menilai kerusakan dan membersihkan kembali pabrik setelah badai petir dan hujan lebat melanda wilayah barat daya Michigan pada 13 Juni lalu.

Badan Urusan Pangan dan Obat-Obatan Amerika (FDA) pada bulan lalu mulai melonggarkan aturan impor federal untuk mengijinkan susu formula bayi dikirim ke Amerika. Presiden Biden juga mengijinkan penerapan Undang-undang Produksi Pertahanan untuk memberikan dukungan federal guna memindahkan susu formula dari luar negeri ke Amerika Serikat.

Formula Bayi Langka, Diaspora Indonesia Terdampak
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:01 0:00

Pengumuman pada Rabu itu juga mencakup pengiriman sebanyak 1,65 juta botol, di mana masing-masing botol berisi 8 ons susu formula bayi, merek Nestle NAN Supremepro 2 dari Jerman ke Texas pada akhir pekan ini. Juga 5,5 juta botol, yang juga masing-masing berisi 8 ons, susu formula bayi Bubs dalam dua periode pengiriman pada 26 Juni dan 5 Juli mendatang.

Gedung Putih mengatakan hingga 26 Juni mendatang, upaya yang disebut sebagai “Operation Fly Formula” akan menggunakan 32 penerbangan yang membawa hampir 19 juta susu formula ke Amerika Serikat. [em/rs]

XS
SM
MD
LG