Tautan-tautan Akses

Astronot Apollo 12 Richard Gordon Meninggal Dunia


Astronot NASA Richard Gordon. (Foto:Dok)
Astronot NASA Richard Gordon. (Foto:Dok)

Richard Gordon, astronot Amerika yang mengelilingi bulan, tapi tidak pernah mendapat kesempatan berjalan di permukaannya, telah meninggal pada usia 88 tahun.

Richard "Dick '' Gordon Jr. adalah pilot uji coba yang terpilih dalam kelompok ketiga astronot NASA tahun 1963. Dia ikut dalam misi Gemini 11 pada 1966 dan dua kali bertugas di luar pesawat di antariksa .

Selama misi Apollo 12 pada November 1969, Gordon mengelilingi bulan di Modul Komando Yankee Clipper, sementara rekannya Alan Bean dan Charles Conrad mendarat dan berjalan di permukaan bulan.

"Dick akan dikenang sebagai salah seorang antariksawan negara kita yang paling berani, seorang pria yang menambah kemampuan bangsa kita dengan menantang dirinya sendiri. Ia akan dikenang," kata pejabat NASA Robert Lightfoot dalam sebuah pernyataan, Selasa (7/11).

Apollo 12 menandai pendaratan pertama di bulan tepat di lokasi yang telah ditentukan.

Gordon tidak terlalu menyesal karena tidak memiliki kesempatan berjalan di bulan, tapi menantikan kesempatan lain dalam program tersebut. Dia sebenarnya dijadwalkan untuk memimpin misi Apollo 18 yang akan mendarat di bulan, tapi misi itu dihentikan karena alasan anggaran.

Hanya 12 dari 24 astronot yang dikirim ke bulan punya kesempatan berjalan di permukaan bulan.

Gordon meninggal Senin (6/11) di rumahnya di California. Sebab-sebab kematiannya belum diumumkan.[my/al]

XS
SM
MD
LG