Tautan-tautan Akses

Rusia Luncurkan Pesawat Kargo ke Stasiun Antariksa Internasional


Peluncuran pendorong roket Soyuz-FG dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-05 yang membawa awak baru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, ISS, dari kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, 28 Juli 2017. (Foto: dok).

Sebuah pesawat kargo antariksa Rusia yang tidak berawak telah diluncurkan,yang membawa perbekalan bagi keenam astronot dalam Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Peluncuran hari Sabtu (14/10) dari pangkalan antariksa utama Rusia di Baikonur, Kazakhstan, dilakukan setelah penundaan dua hari dan perubahan rencana merapat dengan stasiun antariksa.

Semula, pesawat kargo Progress hendak mengetes prosedur baru untuk merapat kurang dari empat jam setelah peluncuran. Tetapi peluncuran hari Kamis dibatalkan karena alasan yang tidak diungkapkan, dan pesawat itu sekarang akan mengorbit dua hari sebelum merapat dengan stasiun antariksa hari Senin.

Badan antariksa Rusia Roscosmos mengatakan Progress, yang membawa 2,5 ton air, pangan dan peralatan ilmiah, mencapai orbit kira-kira sembilan menit setelah peluncurannya pukul 8 lewat 46 menit GMT atau pukul 3 lewat 46 menit Sabtu sore WIB. [gp]

XS
SM
MD
LG